kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,95   -3,63   -0.37%
  • EMAS958.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.66%
  • RD.CAMPURAN -0.19%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Emiten ritel tak pasang target penjualan khusus di Jakarta Great Sales


Minggu, 26 Mei 2019 / 17:01 WIB
Emiten ritel tak pasang target penjualan khusus di Jakarta Great Sales


Reporter: Aloysius Brama | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Program Festival Jakarta Great Sale 2019 diproyeksikan menjadi lumbung pemasukan bagi emiten-emiten ritel. Maklum, pada tahun ini, helatan tersebut jatuh beriringan dengan Idul Fitri.

Sebagai informasi, Festival Jakarta Great Sale akan diselenggarakan pada tanggal 25 Mei 2019 hingga 26 Juni 2019. Helatan itu akan memberikan potongan harga kepada para konsumen dengan rata-rata persentase 50% hingga 70%.


Sekretaris Perusahaan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) Fetty Kwartati mengatakan, pihaknya tidak mencanangkan target pendapatan khusus dari helatan itu.

MAPI disebut akan lebih memanfaatkan momen lebaran secara keseluruhan lantaran Jakarta Great Sale hanya terjadi di Jakarta. “Selain itu karena momen Festival Jakarta Great Sale bertepatan dengan program promosi Ramadan dan mid-year break yang kami adakan,” jelas Fetty.

Fetty mengatakan, secara tren, penjualan di momen jelang lebaran bisa mendongkrak pendapatan hingga 15%. MAPI sudah menyiapkan berbagai promosi. Potongan harga, gift with purchase, lucky draw, voucer belanja, hingga menu khusus untuk beberapa gerai food and beverages MAPI diharapkan bisa menarik konsumen untuk membelanjakan uangnya pada gerai-gerai MAPI. “Kita berharap banyak karena momen ini merupakan puncak penjualan tertinggi kedua setelah natal dan year-end sale,” kata Fetty, Sabtu (25/5).

Bila menilik tren tahun lalu, kinerja MAPI memang lebih mentereng selama periode raya Idul Fitri dirayakan. Dari segi pendapatan, MAPI mencatatkan pendapatan sebesar Rp 9,10 triliun. Laba yang mereka himpun selama kuartal II pun juga tumbuh sebesar Rp 149 miliar atau sebesar 42% dari total laba di kuartal pertama tahun 2018 yang sejumlah Rp 351 miliar.

Selain MAPI, Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) juga sudah mengantisipasi program Festival Jakarta Great Sale untuk menunjang kinerja perusahaan. Meski begitu, ia tak menyebutkan secara spesifik berapa pendapatan yang bisa diraih dari gelaran itu.

Terlepas dari ada atau tidaknya Festival Jakarta Great Sale, Sekretaris Perusahaan ACES Hellen Tanzil bilang saat ini pun ACES sedang menjalankan beberapa program potongan harga untuk produk penunjang Idul Fitri.

Produk-produk itu diantaranya perlengkapan mudik dan travelling hingga perlengkapan rumah seperti produk kitchenware, dekorasi rumah, hingga perlengkapan keamanan rumah. “Kami adakan diskon hingga 50% hingga 25 Juni 2019 mendatang,” kata Hellen, Sabtu (25/5).

Untuk itu, pihaknya mengatakan sudah mempersiapkan lonjakan kunjungan dan pembelian di momen itu. “Termasuk dengan memastikan kesiapan stok yang memadai,” jelasnya.

Meski begitu, Hellen enggan menyebutkan berapa target pendapatan yang bisa diraih oleh perusahaan. Terkhusus untuk momen Festival Jakarta Great Sale serta jelang lebaran ini, Hellen hanya mengatakan pihaknya akan mengalami kinerja yang menarik. “Yang jelas meningkat dari hari-hari biasa dan tahun sebelumnya,” sebutnya singkat.

ACES mencatat kenaikan pendapatan serta laba di kuartal ketika momen lebaran jatuh. Tahun lalu, ketika lebaran jatuh di bulan Juni, selama kuartal kedua ACES mencatatkan kenaikan pendapatan sebesar Rp 1,81 triliun dibanding kuartal I menjadi Rp 3, 38 triliun. Kenaikan itu juga diikuti dengan laba yang terkerek sebesar Rp 215,7 miliar menjadi Rp 426 miliar.

Dari segi saham, harga kedua emiten ritel itu sama-sama mengalami penurunan sepanjang perdagangan Jumat 924/5). Harga saham MAPI turun sebesar 5,39% di level 790 dengan price equity ratio sebesar 17,95 kali. Sedangkan harga saham ACES turun sebesar 2,37% di level 1645 dengan PER sebesar 29,91 kali.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Sukses Berkomunikasi dengan Berbagai Gaya Kepribadian Managing Procurement Economies of Scale Batch 7

[X]
×