kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Emiten ramai-ramai terbitkan global bond


Selasa, 26 Oktober 2021 / 20:53 WIB
Emiten ramai-ramai terbitkan global bond
ILUSTRASI. Obligasi.


Reporter: Dityasa H. Forddanta | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah emiten ramai-ramai menerbitkan obligasi global atawa global bond. Bunga atau kupon yang relatif lebih murah menjadi salah satu alasan emiten mencari pendanaan hingga ke luar negeri.

Salah satunya, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG). Perusahaan menara telekomunikasi ini berencana menerbitkan emisi hingga US$ 900 juta atau setara sekitar Rp 13,05 triliun.

Emisi tersebut memiliki tenor paling lama 10 tahun dan kupon maksimal 6% per tahun yang dibayarkan setiap enam bulan. "Ini maksimal, nilai aktualnya saat penerbitan nanti bisa di bawah 6%," ujar Direktur Keuangan PT Tower Bersama Infrastructure Tbk Helmy Yusman Santoso kepada KONTAN, Selasa (26/10).

Kupon tersebut relatif lebih murah dibanding obligasi domestik. 

Baca Juga: Kinerja pasar obligasi rekor, investor masih gencar masuk ke tenor pendek

Sebagai contoh, obligasi TBIG seri B senilai Rp 1,02 triliun yang diterbitkan pada Februari 2021. Kupon emisi ini sebesar 6,75% dengan tenor hanya tiga tahun, jauh lebih singkat dibanding tenor global bond yang bakal diterbitkan.

Helmy belum memberikan gambaran kapan global bond bakal diterbitkan. Yang terang, TBIG memiliki waktu selama 12 bulan sejak restu pemegang saham didapatkan akhir September kemarin.

TBIG akan menggunakan dana hasil global bond untuk melunasi kewajiban dan mempercepat pembayaran utang hingga ke level entitas anak usaha. Dana tersebut juga akan dimanfaatkan untuk membiayai rencana ekspansi usaha di masa mendatang.

Selain TBIG, PT Buana Lintas Lautan (BULL) tengah memproses penerbitan global bond senilai US$ 400 juta. Kupon emisi ini maksimal sebesar 12,5% dengan tenor selama lima tahun.

Tidak mau ketinggalan, PT Cikarang Listrindo Tbk (POWR) akan menerbitkan global bond senilai US$ 600 juta. Emisi ini memiliki kupon maksimal 5,75% per tahun dengan tenor selama 15 tahun.

Selanjutnya: ICBP Rilis Obligasi Lagi untuk Bayar Retensi Akuisisi Pinehill, Leverage Masih Aman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×