Reporter: Elisabet Lisa Listiani Putri | Editor: Wahyu T.Rahmawati
KONTAN.CO.ID - Tak hanya melakukan ekspansi dengan menambah dua produk baru saja, PT Emdeki Utama Tbk (MDKI) juga akan merambah pasar ekspor. Perusahaan berharap, ekspor dapat berkontribusi untuk menunjang pertumbuhan MDKI di tahun ini.
Saat ini MDKI mengekspor produk ke pasar India. Ke depan, emiten ke-22 Bursa Efek Indonesia ini berharap akan merambah negara-negara yang lain. "Terutama, kami membidik negara-negara berkembang," kata Hiskak Secakusuma, Direktur Utama MDKI, dalam gelaran IPO, Senin (25/9).
MDKI sebelumnya mengurangi pasar ekspor kerena persaingan pasar. Selain itu, Emdeki juga perlu modal cukup besar untuk ekspor. Tahun ini, perusahaan akan menambah pasar ekspor dengan mengirim sekitar 6.500 metrik ton karbit.
Angka ini 30,95% dari penjualan MDKI sekitar 21.000 metrik ton karbit. MDKI fokus mengandalkan pasar ekspor tahun ini lantaran pertumbuhan di pasar domestik tak terlalu besar.
Strategi ekspor ini menjadi upaya MDKI untuk mencapai pertumbuhan yang maksimal. Tahun ini MDKI mengincar kenaikan pendapatan 32% menjadi Rp 451 miliar dan laba 8% menjadi Rp 93 miliar.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News