kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45861,67   -2,73   -0.32%
  • EMAS1.368.000 0,59%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Emas Turun 1% ke Level Terendah 3 Minggu, Harapan Penurunan Suku Bunga AS Memudar


Senin, 08 Januari 2024 / 23:28 WIB
Emas Turun 1% ke Level Terendah 3 Minggu, Harapan Penurunan Suku Bunga AS Memudar
ILUSTRASI. Emas batangan


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Harga emas jatuh ke level terendah tiga minggu pada hari Senin (8/1). Dolar Amerika Serikat (AS) mempertahankan kenaikan minggu lalu dan imbal hasil US Treasury tetap tinggi karena memudarnya harapan penurunan suku bunga The Fed lebih awal, dengan pasar menantikan data inflasi AS minggu ini.

Melansir Reuters, harga emas spot turun 1,2% ke US$2.020,69 per ons troi, mendekati level terendah sejak 18 Desember. Sedangkan, harga emas berjangka AS turun 1,1% menjadi US$2.026,80.

Baca Juga: Harga Emas Spot Bergerak Volatil Respons Data Ekonomi AS

"Saya memperkirakan data inflasi akan menjadi katalis utama dan data di atas ekspektasi dapat menambah tekanan pada emas karena dapat mengurangi kemungkinan mereka akan menurunkan suku bunga," kata Carlo Alberto De Casa, analis pasar di Kinesis Money.

"Pada kuartal pertama tahun ini, kecuali inflasi turun secara signifikan, akan sangat sulit bagi bank sentral untuk menurunkan suku bunga pada tahun 2024."

Menjelang laporan inflasi harga konsumen AS pada hari Kamis (11/1), pasar melihat sekitar 69% peluang penurunan suku bunga Fed pada bulan Maret, menurut CME FedWatch Tool.

Indeks dolar yang mengukur greenback terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, stabil setelah membukukan minggu terbaiknya sejak Juli 2023.

Dengan data pada hari Jumat (5/1) menunjukkan, perusahaan-perusahaan AS mempekerjakan lebih banyak orang daripada yang diperkirakan pada bulan Desember.

Imbal hasil US Treasury tenor 10-tahun yang menjadi patokan tetap di atas 4%.

Baca Juga: Harga Emas Antam Tak Bergerak Hari Ini 8 Januari, Cek Daftar Selengkapnya

"Performa emas dalam waktu dekat akan bergantung pada statistik inflasi minggu ini, tetapi... prospek fundamental tampak menguntungkan karena hanya masalah waktu hingga suku bunga turun," Marios Hadjikyriacos, analis investasi di broker forex XM, menulis dalam sebuah catatan.

"Tren bank sentral membeli emas secara langsung adalah perkembangan bullish lainnya yang dapat bertahan selama bertahun-tahun jika iklim geopolitik tetap tidak stabil."

Di tempat lain, harga perak spot turun 1,1% menjadi US$22,90 per ons troi, platinum turun 1,4% menjadi US$947,10, dan paladium turun 2,3% menjadi US$1.003,32, turun untuk sesi kesepuluh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×