kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekspor bakal melaju di tengah perang dagang, saham Sri Rejeki (SRIL) bisa dibeli


Kamis, 29 Agustus 2019 / 19:26 WIB
Ekspor bakal melaju di tengah perang dagang, saham Sri Rejeki (SRIL) bisa dibeli
ILUSTRASI. Produk Sritex di Habibie Festival


Reporter: Dimas Andi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sri Rejeki Isman Tbk dinilai memiliki prospek bisnis yang cerah di sisa tahun ini. Hal tersebut didukung oleh kuatnya kinerja penjualan produk ekspor perusahaan yang sering disebut dengan Sritex ini.

Sejauh ini, emiten berkode saham SRIL tersebut cukup sukses dalam menggenjot penjualan ekspor. Terbukti, di semester pertama lalu penjualan ekspor SRIL naik 29,44% (yoy) menjadi US$ 377,69 juta.

Angka ini jauh melampaui pertumbuhan penjualan domestik SRIL yang hanya mencapai 0,77% di semester satu lalu menjadi US$ 253,94 juta.

Baca Juga: Perawatan Mesin, Sritex (SRIL) Habiskan Belanja Modal US$ 15 Juta

“Kontribusi penjualan ekspor SRIL naik dari 54% di semester pertama 2018 menjadi 60% di semester pertama 2019,” terang Analis Sucor Sekuritas Marlene Tanumihardja melalui riset.

Menurut Marlene, penjualan ekspor membantu mempercepat pertumbuhan pendapatan SRIL secara keseluruhan. Ini karena meningkatnya permintaan dari pelanggan asing, khususnya dari kawasan AS dan Amerika Latin. Ekspor SRIL untuk kedua kawasan tersebut meroket hingga 221,1% (yoy) di paruh pertama tahun ini.

Analis Jasa Capital Utama Sekuritas Chris Apriliony berpendapat, tingginya pertumbuhan penjualan ekspor untuk kawasan Amerika dan sekitarnya menunjukkan bahwa SRIL dapat memanfaatkan keuntungan di tengah perang dagang yang berkecamuk selama lebih dari setahun terakhir.

Selama perang dagang berlangsung, AS terus menaikkan tarif impor produk dari China sekaligus mengurangi penggunaan produk dari negara tersebut. Alhasil, SRIL dapat menjadi pemasok produk tekstil untuk AS.

Baca Juga: Banyak kawasan industri baru, Sri Rejeki Isman (SRIL) belum berminat ekspansi

Marlene menilai, peluang SRIL untuk kembali mengambil untung dari perang dagang AS-China masih sangat terbuka di semester kedua ini. Terlebih lagi, perusahaan ini memiliki produk tekstil yang beragam. Kualitas produknya sudah diakui secara global, mulai dari benang, kain mentah dan kain jadi, hingga pakaian jadi.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×