kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45907,10   3,77   0.42%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekonomi Indonesia mulai membaik, indeks obligasi ICBI cetak rekor tertinggi


Rabu, 26 Agustus 2020 / 20:47 WIB
Ekonomi Indonesia mulai membaik, indeks obligasi ICBI cetak rekor tertinggi
ILUSTRASI. Ilustrasi foto Obligasi. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar obligasi Indonesia mulai bangkit dan terus membaik. Hal ini tercermin dari pergerakan Indonesia Composite Bond Index (ICBI) yang terus bergerak naik. 

Pada Selasa (25/8), ICBI berada di level 297,11 yang merupakan level tertingginya. Walau pada hari ini, Rabu (26/8) mengalami koreksi ke 296,65.

Head of Research & Market Information Department Penilai Harga Efek Indonesia (PHEI) Roby Rushandie mengatakan tren positif ICBI didorong oleh indikator ekonomi dalam negeri yang mulai membaik. Mulai dari rupiah yang stabil, menyempitnya defisit neraca transaksi berjalan. 

Baca Juga: Trimegah Sekuritas menilai obligasi lebih dilirik oleh investor, simak alasannya

Dari sentimen global, Roby menilai saat ini sentimennya juga cenderung kondusif. Sementara bank sentral global juga masih terus berkomitmen untuk terus memberikan suntikan likuiditas yang melimpah.

“Dengan demikian kenaikan indeks tersebut mengindikasikan demang yang tinggi terhadap instrumen obligasi. Ini juga ditunjang dengan akumulasi Bank Indonesia, perbankan, serta mulai kembalinya investor asing masuk ke SBN,” kata Roby kepada Kontan.co.id, Rabu (26/8).

Terkait seri acuan yang jadi buruan di pasar obligasi, Roby melihatnya baik seri acuan lima tahun maupun sepuluh tahun diincar para investor secara merata. 

Ke depan, Roby melihat obligasi Indonesia masih akan memiliki prospek yang baik. Namun syaratnya ekonomi Indonesia terus membaik, rupiah tetap stabil, serta rating Indonesia yang terjaga.

“Kalau untuk yield obligasi Indonesia, peluang ke depan untuk turun masih terbuka lebar,” pungkas Roby.

Baca Juga: Hasil lelang SUN turun, tapi jumlah penawaran masih cukup tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×