kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekalya Purnamasari (ELPI) Mengembangkan Multicat Hybrid Power Vessel


Kamis, 28 September 2023 / 04:10 WIB
Ekalya Purnamasari (ELPI) Mengembangkan Multicat Hybrid Power Vessel


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI) akan mengembangkan inovasi Multicat Hybrid Power Vessel. Ini merupakan langkah ELPI menyambut kehadiran bursa karbon Indonesia. 

Direktur Utama Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Eka Taniputera menjelaskan ELPI menerapkan inovasi multicat dengan memangkas lima kapal menjadi hanya satu kapal. Menurutnya langkah itu dapat mengurangi dan menekan efek karbon. Nantinya ELPI akan memaksimalkan fungsi kapal cera agar bisa menjadi satu kapal multifungsi.

"Akan menggabungkan fungsi kapal fire boat, watchdog, utility vessel dan AHTS menjadi satu kapal saja bernama Multicat Power Vessel," jelas Eka dalam keterangan resmi yang diterima Kontan, Rabu (27/9). 

Sebelumnya, ELPI melalui entitas usahanya menugaskan Orela Shipyard untuk melakukan inisiatif dan inovatif yang memberikan pelayanan lebih kepada client dan dilakukan uji coba pada kapal KCT 4001.

Baca Juga: Sejahteraraya Anugrahjaya (SRAJ) Bakal Tambah Alat Baru di Tiga Rumah Sakit

Eka bilang dengan inovasi tersebut mampu memberikan peningkatan kecepatan hingga 3%–5%. Tak hanya itu, penggunaan bahan bakar pun juga menjadi lebih hemat. 

Wawan Heri Purnomo, Sekretaris Perusahaan Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari menimpali multicat merupakan penggabungan dari beberapa fungsi kapal seperti AHT, AHTS, watchdog, fire fighting

Dia menjelaskan mengembangkan multicat yang berbasis hybrid. Untuk mendapatkan power bagi vessel, ELPI juga telah melakukan rekayasa power agar tidak mengandalkan bahan bakar. 

"Multicat Hybrid Power Vessel ini telah mendapatkan approval in principle oleh Registro Italiano Navale dengan penghematan penggunaan jumlah vessel," kata dia. 

Baca Juga: Agung Podomoro Land (APLN) Jual Mall Neo Soho, Raup Rp 1,43 Triliun

Wasan bilang pengembangan inovasi ini juga akan memberikan keuntungan secara budget, efisiensi bahan bakar dan efektivitas utilisasi dari kapal untuk beberapa pekerjaan dalam satu waktu. 

Adapun emiten yang bergerak di bidang drilling & offshore support service, ELPI telah memiliki dan mengoperasikan lebih dari 100 kapal atau armada yang melayani klien dari dalam maupun luar negeri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×