kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

ECB dan BoE belum melonggarkan kebijakan, EUR/GBP masih bullish


Kamis, 05 Maret 2020 / 20:59 WIB
ECB dan BoE belum melonggarkan kebijakan, EUR/GBP masih bullish
ILUSTRASI. Pound Sterling notes and change are seen inside a cash resgister in a coffee shop in Manchester, Britain, Septem,ber 21, 2018. REUTERS/Phil Noble

Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kombinasi ketakutan dan ketidakpastian akan perkembangan kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) diprediksi bakal membawa pasangan kurs EUR/GBP untuk menguat di akhir pekan (6/3). Hal ini didukung indikator teknikal yang masih mendorong harga untuk bergerak naik.

Mengutip Bloomberg, pada perdagangan Kamis (5/3) pergerakan pasangan kurs EUR/GBP sukses berada di zona hijau dengan kenaikan tipis 0,05% ke level 0,8657.

Baca Juga: Bank Mandiri sebut kebijakan baru BI bisa memperkuat likuiditas di pasar

Analis HFX Internasional Berjangka Ady Phangestu mengatakan, ECB saat ini diasumsikan tidak akan melakukan perubahan kebijakan. Sementara itu, data makro ekonomi Benua Biru yang relatif lesu diperkirakan bakal lebih optimis dibandingkan banyak prediksi pejabat bank sentral tersebut. 

"Kombinasi ketakutan dan ketidakpastian di tengah masalah di luar jangkauan ECB, sekali lagi menggambarkan dilema bank sentral yang mulai kehabisan amunisi," kata Ady kepada Kontan, Kamis (5/3).  

ECB dinilai akan mengambil jalur berlawanan dengan Bank Sentral Amerika Serikat (AS/The Fed). Di bawah kepemimpinan Gubernur ECB yang baru Christine Lagarde dianggap kurang sensitif terhadap perkembangan pasar keuangan jika dibandingkan dengan pemimpin sebelumnya Mario Draghi. 

Baca Juga: BI longgarkan GWM, bankir: Tak otomatis dongkrak kredit

Alhasil pasar menyadari berbagai efek buruk yang ditimbulkan oleh langkah-langkah ECB yang tidak konvensional. Itu sekaligus menurunkan kemungkinan bahwa bank sental bakal melakukan pelonggaran kebijakan moneter tambahan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×