kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45780,33   9,66   1.25%
  • EMAS887.000 -1,88%
  • RD.SAHAM 0.90%
  • RD.CAMPURAN 0.65%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.47%

Dorong pasar timah, BBJ dan KBI bidik end buyer dan kembangkan pasar futures


Minggu, 03 November 2019 / 19:02 WIB
Dorong pasar timah, BBJ dan KBI bidik end buyer dan kembangkan pasar futures
ILUSTRASI. Pelucuran logo dan kantor baru Bursa Berjangka Jakarta: Menteri Perdagangan RI, Mari Elka Pangestu (kiri) bersama Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Deddy Saleh , saat peluncuran logo dan kantor baru PT. Bursa Berjangka Jakart

Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  PANGKAL PINANG. Bursa Berjangka Komoditi (BBJ) janjikan bakal ada end buyers untuk pasar fisik timah Tanah Air dalam waktu dekat.

Bersama PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI), BBJ juga bakal terus mendorong harga timah Tanah Air menanjak serta berupaya mengembangkan pasar fisik timah menjadi pasar futures.

Baca Juga: Tak pernah disambangi, pasar berjangka komoditi ingin perhatian

Direktur Utama KBI Fajar Wibhiyadi mengatakan, meskipun saat ini sudah ada enam buyers di pasar fisik timah, sayangnya belum ada yang menjadi end buyers. Padahal, baik KBI maupun BBJ terus melakukan pendekatan demi mendapatkan end buyer.

"Kami belum dapat end buyers karena beberapa dari mereka yang datang ke kami masih wait and see terhadap kinerja beberapa bulan bursa BBJ dn KBI berjalan," ujarnya.

Meskipun begitu, Fajar memberikan sedikit bocoran bahwa sudah ada beberapa perusahaan besar seperti Jepang dan negara lain yang menghubungi KBI dan BBJ untuk mengetahui lebih jauh lasar fisik timah di Indonesia.

Harapannya, akan ada kerja sama, sehingga mampu mendorong perdagangan di Pasar Berjangka Komoditi (PBK) Tanah Air.

Baca Juga: Baru Agustus 2019 meluncur, volume transaksi pasar fisik timah BBJ melejit

"Dalam waktu dekat, akan ada end user dari Taiwan, sekarang lagi proses administrasi dan dokumentasi. Kita sudah ketemu dan deal," kata Direktur Utama Jakarta Futures Exchange (JFX/BBJ) Stephanus Paulus Lumintang Sabtu (2/11).

Sayangnya, baik Stephanus maupun Fajar masih enggan untuk merinci profil end buyers dari Taiwan tersebut.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×