kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,66   7,16   0.78%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dorong Bursa CPO, ICDX Tambah 17 Lokasi Penyerahan Fisik Minyak Sawit Mentah


Jumat, 22 Desember 2023 / 15:35 WIB
Dorong Bursa CPO, ICDX Tambah 17 Lokasi Penyerahan Fisik Minyak Sawit Mentah
ILUSTRASI. Produksi CPO Turun: Panen buah kelapa sawit di Bogor, Minggu (30/8). KONTAN/Baihaki/30/8/2020


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) menambah 17 lokasi penyerahan terkait perdagangan pasar fisik crude palm oil (CPO) melalui Bursa. Penambahan lokasi penyerahan ini dilakukan untuk memperluas layanan serta mendekatkan lokasi penyerahan dengan lokasi perkebunan kelapa sawit. 

Penambahan 17 lokasi penyerahan CPO ini meliputi Teluk Bayur, Panjang Lampung, Talang Dukuh Jambi, Boom Baru Palembang, Kijing Pontianak, Bagendang Sampit, Pulau Baai Bengkulu, Meulaboh Aceh, dan Bumiharjo Pangkalan Bun. Ada juga Trisakti Banjarmasin, Semayang Balikpapan, Maloy Kutai Timur, Mamuju, Manokwari, Bintuni, Jayapura, dan Merauke. 

Direktur Indonesia ICDX Yugieandy mengatakan, lokasi-lokasi tersebut dipilih berdasarkan masukan dari para pelaku usaha. 

"Kemudian, Komite CPO yang telah dibentuk oleh ICDX melakukan pembahasan lalu menjadi masukan kepada Bursa CPO," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/12). 

Baca Juga: Harga CPO Menguat Sepekan Terakhir ke Level RM 3.756, Begini Prospeknya

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) sebagai regulator dalam bursa CPO telah menerbitkan persetujuan untuk penambahan lokasi penyerahan ini. Dengan begitu, secara total terdapat 19 lokasi penyerahan, termasuk Belawan dan Dumai.

Yugieandy menyampaikan, penambahan lokasi penyerahan ini juga dilakukan untuk memberikan kemudahan kepada para pelaku kelapa sawit. Sebagaimana diketahui, perkebunan kelapa sawit banyak tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, bukan hanya di pulau Sumatera saja. 

Terkait sebaran perkebunan kelapa sawit, data Biro Pusat Statistik tahun 2022 menyebutkan, total perkebunan kelapa sawit di Indonesia mencapai 14,9 juta hektar. Terdapat tujuh wilayah yang masing-masing memiliki luas perkebunan di atas 1 juta hektar.

Yang terbesar adalah provinsi Riau dengan luas perkebunan 2,9 juta hektar, disusul Kalimantan Barat sebesar 2 juta hektar, Kalimantan Tengah dengan luas 1,8 juta hektar, Sumatera Utara dengan luas 1,5 juta hektar, Kalimantan Timur dengan luas 1,4 juta hektar, Sumatera Selatan dengan luas 1,2 juta hektar, dan Jambi dengan luas perkebunan kelapa sawit seluas 1,1 juta hektar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×