kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dividen emiten BUMN diprediksi lesu, saham-sahamnya masih menarik


Jumat, 26 Februari 2021 / 08:00 WIB
Dividen emiten BUMN diprediksi lesu, saham-sahamnya masih menarik


Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dividen emiten-emiten pelat merah diperkirakan akan menurun di tahun 2021. Lesunya pembagian dividen tidak terlepas dari pandemi Covid-19 yang menekan berbagai sektor bisnis sepanjang tahun 2020. 

Kondisi ini juga berlaku untuk saham-saham BUMN yang tergabung dalam indeks IDX High Dividend 20 (IDX HIDIV20). Asal tahu saja, indeks ini mengukur kinerja harga dari 20 saham yang membagikan dividen tunai selama 3 tahun terakhir dan memiliki dividend yield yang tinggi. Adapun saham-saham pelat merah yang tercatat di dalamnya seperti BBNI, BBRI, BMRI, PGAS, PTBA, TLKM, dan WSBP

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama mengungkapkan, lesunya pembagian dividen tahun ini dianggap wajar. Sebab kinerja berbagai emiten sepanjang tahun 2020 terdampak pandemi Covid-19 sehingga laporan keuangannya pun diperkirakan akan terkontraksi.

Akan tetapi, investor tetap akan menyukai emiten-emiten yang rajin membagikan dividen seperti saham-saham yang tergabung dalam indeks IDX HIDIV20. Sebab, pembagian dividen merupakan salah satu indikator suatu emiten menerapkan good corporate governance (GCG) dengan baik.

Baca Juga: OJK: Sektor jasa keuangan terjaga, di tengah perbaikan perekonomian nasional

"Sehingga memiliki ekspektasi terhadap saham-saham tersebut secara jangka panjang," ujar Nafan ketika dihubungi Kontan.co.id, Kamis (25/2). Apalagi saat ini Indonesia memasuki masa pemulihan ekonomi di mana, di kuartal II Nafan optimistis kinerja fundemantal emiten-emiten BUMN akan terpacu. 

Nafan menyukai saham-saham BBNI, BMRI, TLKM, dan PTBA. Ia menyarankan akumulasi BBNI dengan target harga Rp 7.950. Saham perbankan lain yang disarankan ada BMRI, akumulasi dengan target harga Rp 7.550, Rp 7.850, dan Rp 8.050. Untuk TLKM akumulasi  dengan target harga Rp 4.330 dan Rp 4.540. Sementara PTBA disarankan akumulasi dengan target Rp 3.700 per saham. 

Mengingat prediksi pembagian dividen tahun ini yang lesu, pelaku pasar yang ingin memanfaatkan momentum pembagian dividen untuk masuk ke saham-saham tertentu disarankan untuk wait and see terlebih dahulu. Menurut Nafan, momentum saat ini kurang tepat jika hanya mengandalkan dividen. Pelaku pasar perlu melihat aksi korporasi lain.

Baca Juga: BI pangkas proyeksi pertumbuhan kredit tahun ini, bank tetap optimistis capai target




TERBARU

[X]
×