kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ditawarkan pekan depan, kupon ORI017 diprediksi 6,75%-7%


Rabu, 10 Juni 2020 / 17:05 WIB
Ditawarkan pekan depan, kupon ORI017 diprediksi 6,75%-7%
ILUSTRASI. Jumlah penerbitan ORI biasanya lebih besar jika dibandingkan dengan obligasi ritel lainnya.


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah memutuskan untuk memajukan jadwal penawaran obligasi negara ritel seri ORI017 menjadi 15 Juni hingga 9 Juli mendatang. Berdasarkan catatan Kontan.co.id, semula seri ini akan ditawarkan pada Oktober 2020.

Fixed Income Portfolio Manager Sucorinvest Asset Management Adi Saputra menilai, keputusan pemerintah untuk menggeser jadwal penawaran ORI017 sudah sesuai jika melihat kondisi saat ini. Dia melihat, pemerintah memang masih butuh dana untuk keperluan pengeluaran termasuk mungkin untuk pemulihan ekonomi karena pandemi virus corona ini.

"ORI itu kan size-nya lebih gede dibanding obligasi retail lainnya karena sekali terbit bisa kantongi Rp 6 triliun-Rp 8 triliun sementara obligasi ritel yang lain di bawah angka itu,” kata Adi ketika dihubungi Kontan.co.id, Rabu (10/6).

Baca Juga: Penawaran ORI017 lebih cepat karena investor perlu instrumen tradable

Sementara itu, analis Fixed Income MNC Sekuritas Made Adi Saputra menyebut, pergeseran ini sebagai strategi pemerintah dalam mengatur strategi refinancing. Pasalnya, ORI memiliki tenor yang lebih panjang, yakni tiga tahun, dibanding saving bond ritel (SBR) yang punya tenor dua tahun.

“Setahun hingga dua tahun ke depan pemerintah harus membayar SBN yang akan banyak jatuh tempo. Dengan ORI yang punya tenor tiga tahun, pemerintah tidak akan semakin menambah beban cost of fund mereka pada setahun dua tahun ke depan,” jelas Made.

Pemerintah baru akan mengumumkan besaran kupon ORI017, target, beserta strukturnya pada Kamis (11/6). Namun, Adi melihat untuk pricing kupon ORI017, besarannya tidak akan banyak jauh berbeda dibanding ORI016. Asal tahu saja, besaran kupon ORI016 saat itu sebesar 6,80%.

Yield acuan untuk ORI017 tidak terlalu berbeda dibanding waktu penerbitan ORI016, perkiraan saya masih akan di kisaran 6,8%-7%. Cuma masalahnya saat ini apakah masyarakat masih ada appetite untuk berinvestasi, di tengah pandemi seperti ini di mana likuiditas alias cash menjadi sangat penting sekali,” tambah Adi.

Baca Juga: Siap-siap, pemerintah akan menawarkan ORI017 mulai 15 Juni 2020

Oleh karena itu, Adi menilai masalah tersebut harus jadi perhatian pemerintah dalam penentuan besaran kupon agar tetap menarik. Adi menyebut jika target pemerintah di kisaran Rp 5 triliun - Rp 7 triliun masih cukup realistis.

Sementara Made menilai jika mengacu besaran rate obligasi pemerintah tenor tiga tahun yang ada di kisaran 6,4%, ia memproyeksikan besaran kupon ORI017 ada di kisaran 6,75%-7%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×