kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,58   -16,27   -1.69%
  • EMAS984.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Didorong Hasil Divestasi, BRI Danareksa Pertahankan Rating Buy Saham SSIA


Kamis, 01 September 2022 / 15:51 WIB
Didorong Hasil Divestasi, BRI Danareksa Pertahankan Rating Buy Saham SSIA
ILUSTRASI. Pekerja mengoperasikan alat berat saat menyelesaikan proyek pembagunan Subang Smartpolitan tahap pertama di kawasan Rebana Metropolitan, Subang, Jawa Barat, Selasa (29/3/2022). ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/foc.


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. BRI Danareksa Sekuritas pertahankan rating buy untuk PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA). Hal itu didorong dari dampak positif divestasi anak perusahaannya.

Analis BRI Danareksa Victor Stefano memaparkan, SSIA membukukan laba usaha positif sebesar Rp 34 miliar di kuartal II 2022 dibandingkan kerugian di kuartal II 2021 dan kuartal I 2022. Hal itu didorong perusahaan membukukan pendapatan sebesar Rp 72 miliar dari lahan industrinya.

Victor melihat bahwa meski kecil, penjualan lahan ini berkontribusi pada laba operasional yang positif berkat marginnya yang lebar. Dia melihat, margin laba kotor mencapai 23% di kuartal II atau lebih tinggi dari 16,6% di kuartal I 2021 dan 15% di kuartal I 2022.

SSIA juga membukukan laba bersih sebesar Rp 146 miliar di kuartal II 2022. Hal tersebut berkat penjualan kepemilikannya di perusahaan Joint Venture yang bergerak di bisnis pergudangan kepada mitranya, Frasers Property Thailand Pte. Ltd.

Baca Juga: Intip Rekomendasi Saham Astra International (ASII) Usai Cetak Kinerja Moncer

"Dari total penjualan Rp 562 miliar, SSIA membukukan keuntungan penjualan sebesar Rp 208 miliar," tulisnya dalam riset, Rabu (31/8).

Dengan hasil tersebut, capaian SSIA melebihi perkiraannya dan konsensus. Sehingga, pihaknya telah merevisi perkiraan 2022 dengan memasukkan nilai transaksi penjualan, juga menyesuaikan lebih tinggi jumlah pengeluaran yang melebihi perkiraan karena kenaikan biaya terkait dengan transaksi.

Dari fundamental, net gearing SSIA turun menjadi 38% pada akhir 22 Juni dibandingkan 52% pada akhir 22 Maret. Hal ini terutama mencerminkan saldo kas yang lebih tinggi di mana Rp 409 miliar dikontribusikan dari penjualan anak perusahaannya.

Dengan hasil tersebut, BRI Danareksa mempertahankan rating buy SSIA dengan target harga Rp 700.

"Risiko dari panggilan kami adalah penjualan lahan industri Karawang yang lebih rendah dari perkiraan dan pengiriman kawasan industri Subang," imbuhnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×