kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Desas-desus RBA pangkas suku bunga buat AUD/USD terpantau koreksi


Sabtu, 18 Mei 2019 / 07:36 WIB

Desas-desus RBA pangkas suku bunga buat AUD/USD terpantau koreksi

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Pergerakan pasangan mata uang AUD/USD makin terkikis. Kemarin, Chief Economist Australia and New Zealand, JP Morgan Sally Auld memperkirakan Reserve Bank of Australia (RBA) akan menurunkan suku bunga pada bulan Agustus dan November.

Berdasarkan data Bloomberg pasangan mata uang AUD/USD pukul 22.52 WIB terkoreksi 0,26% di level 0,6874. Analis PT Pruton Mega Berjangka Cahyo Dewanto mengatakan proyeksi Auld sejalan karena meningkatnya risiko perlambatan ekonomi Australia yang ditunjukkan data tenaga kerja Kamis kemarin.


Tingkat pengangguran di Australia mengalami peningkatan selama April lalu menjadi 5,2% dari total angkatan kerja, naik dari bulan sebelumnya 5,1% dan perkiraan para ekonom di 5,0%. Sementara, tingkat partisipasi naik menjadi 65,8% yang mengindikasikan semakin banyak orang mencari pekerjaan.

Penurunan bunga acuan akan merangsang pertumbuhan ekonomi karena daya beli masyarakat akan meningkat yang pada gilirannya akan menciptakan lapangan kerja. Asal tahu saja, saat ini bunga acuan RBA berada di level 1,5% dan bertahan sejak penurunan bunga sebesar 25 basis poin pada Agustus 2016. “RBA kemungkinan memangkas Juli.mendatang atau lebih cepat dari jadwal semestinya,” kata Cahyo kepada Kontan, Jumat (17/5).

Cahyo menambahkan kondisi perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China turut menyeret Australia sebagai mitra dagang energi utama China. Sehingga ketika ekonomi China melemah negara Kanggurun terkena efek domino.


Reporter: Yusuf Imam Santoso
Editor: Azis Husaini

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×