kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,49   -0,12   -0.01%
  • EMAS927.000 -0,43%
  • RD.SAHAM -0.33%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Dapat sentimen positif, analis beri rekomendasi beli saham SMGR


Kamis, 25 Februari 2021 / 17:14 WIB
Dapat sentimen positif, analis beri rekomendasi beli saham SMGR
ILUSTRASI. Buruh mengangkut sak semen di sebuah gudang penyimpanan di kawasan Kapuk Peternakan, Jakarta, Rabu (21/08). KONTAN/Fransiskus Simbolon

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sektor infrastruktur yang mulai kembali dikebut pada tahun ini akan menjadi salah satu katalis positif bagi kinerja PT Semen Indonesia Tbk (SMGR). Para analis memproyeksikan, penjualan semen SMGR tahun ini akan berangsur membaik.

Analis NH Korindo Sekuritas Ajeng Kartika mengungkapkan, prospek penjualan semen baik semen kantong maupun semen curah dinilai dapat membaik dibandingkan tahun lalu. Apalagi, tahun ini anggaran infrastruktur naik hingga 47% dibandingkan tahun lalu.

"Dengan proyek-proyek infrastruktur mulai kembali berjalan, penjualan semen curah SMGR tahun ini akan lebih baik. Ditambah lagi, akan ada potensi katalis positif dari sektor properti yang bisa bantu dongkrak penjualan semen SMGR," kata Ajeng ketika dihubungi Kontan.co.id, Kamis (25/2).

Baca Juga: IHSG diproyeksikan melemah terbatas pada Jumat (26/2), ini sentimennya

Katalis yang dimaksud adalah pemerintah yang baru saja mencanangkan program pelonggaran rasio Loan to Value (LTV) untuk kredit dan pembiayaan properti. 

Ajeng melihat, kebijakan tersebut berpotensi mendorong pulihnya sektor properti. Hal ini pada akhirnya dapat berdampak pada kenaikan penjualan semen kantong pada segmen retail. 

Dengan dua faktor di atas, didukung dengan vaksinasi yang berjalan lancar serta penurunan kasus covid-19, Ajeng optimistis kinerja SMGR pada tahun ini akan terdongkrak pada tahun ini. 

Baca Juga: IHSG menguat ke 6.289 pada Kamis (25/2), asing mencatat net buy

Selain itu, Ajeng bilang bahwa SMGR juga akan mendapat sentimen positif dari rencana Taiheiyo Cement Corporatiin (TCC) yang akan membeli sebagian kepemilikan PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SMCB). Adapun, SMGR memiliki 98% kepemilikan saham SMCB. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
(VIRTUAL) NEGOTIATION FOR EVERYONE Batch 2 Panduan Cepat Analisa Laporan Keuangan

[X]
×