kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45854,83   -7,61   -0.88%
  • EMAS917.000 -0,11%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Danareksa Investment Management: Produk reksadana pasar uang ramai peminat


Senin, 26 Juli 2021 / 18:44 WIB
Danareksa Investment Management: Produk reksadana pasar uang ramai peminat
ILUSTRASI. Direktur Utama Danareksa Investment Management (DIM) Marsangap P. Tamba (kanan) bersama Komisaris Utama DIM Lukman Nur Azis.

Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Disiplin dalam mengalokasikan keuangan di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat yang kembali diperpanjang menjadi semakin penting. Ekspektasi atas pertubuhan ekonomi yang justru terkoreksi membuat pengelolaan investasi dari alokasi keuangan jadi tidak boleh terlupakan. 

Reksadana termasuk instrumen investasi yang sensitif atas perkembangan kebijakan mengenai pandemi Covid-19. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, dana kelolaan reksadana turun dari Rp 574 triliun menjadi Rp 536 triliun per Juni 2021. 

Melihat kondisi ini, Marsangap P. Tamba, Direktur Utama PT Danareksa Investment Management mengatakan, masyarakat cenderung bersikap berhati-hati dalam mengelola keuangannya. Namun, mereka tetap berinvestasi dengan memilih instrumen yang sifatnya lebih low risk to moderate

Hal tersebut tercermin dari pilihan investasi pada beberapa instrumen reksadana open end di Danareksa yang mengalami peningkatan. Dalam setahun terakhir reksadana pasar uang Danareksa tumbuh 75% sedangkan secara total reksadana open end meningkat 42% secara year on year (yoy).

Baca Juga: Dana kelolaan industri dapen masih bisa tumbuh positif  

Sebagaimana diketahui, reksadana pasar uang merupakan jenis reksadana yang paling konservatif. Kebijakan investasi pada reksadana ini adalah 100% pada instrumen pasar uang yakni instrumen yang jatuh temponya kurang dari 1 tahun.

Reksadana ini dikenal dengan tingkat likuiditasnya yang tinggi dan cepatnya jangka waktu pencairan. Dengan karakteristik tersebut, reksadana pasar uang dapat menjadi instrumen investasi jangka pendek yang dapat dicairkan kapan saja. 

Hal lain yang membuat Marsangap menyadari bahwa masyarakat kian menyadari pentingnya berinvestasi adalah pertumbuhan dana kelolaan hingga semester pertama 2021 bersumber dari mitra distribusi.

Kondisi ini sesuai dengan ekspektasi-nya untuk meningkatkan dana kelolaan dari segmen ritel. Salah satu kontributor pertumbuhan dana kelolaan di Danareksa adalah reksadana pasar uang Danareksa Seruni Pasar Uang III.

“Semester pertama tahun 2021 ini kami mengalami penurunan dana kelolaan reksadana terproteksi yang sudah diproyeksikan sebelumnya. Untuk menyikapi hal tersebut, kami telah menyusun strategi untuk meningkatkan dana kelolaan melalui reksadana open end termasuk reksadana pasar uang," kata Marsangap dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Senin (26/7). 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×