kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,70   -13,79   -1.49%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dana IPO Klinko Karya Imaji (KLIN) Bakal Dipakai Ekspansi dan Modal Kerja


Rabu, 20 Juli 2022 / 05:35 WIB
Dana IPO Klinko Karya Imaji (KLIN) Bakal Dipakai Ekspansi dan Modal Kerja


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan produsen alat kebersihan ramah lingkungan PT Klinko Karya Imaji Tbk (KLIN) menawarkan saham perdana alias initial public offering (IPO). Perusahaan ini melepas 230 juta saham baru setara dengan 17,59% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah penawaran umum. 

KLIN menetapkan nilai nominal sebesar Rp 10 per saham di kisaran harga penawaran antara Rp 90 - Rp 100 setiap saham. Sehingga calon emiten ini berpotensi mengantongi dana Rp 20,7 miliar hingga Rp 23 miliar. 

Sebagai informasi, dana hasil IPO akan digunakan untuk membangun kantor pusat, area produksi, dan gudang bahan baku sebesar 40%. Sekitar 38,75% untuk belanja modal seperti penambahan fasilitas produksi dan aset seperti mesin, mobil box, mobil operasional, dan peralatan kantor. Kemudian, sekitar 21,25% untuk keperluan modal kerja dalam rangka pembelian bahan baku penunjang proses produksi dan aktivitas pemasaran.

Baca Juga: Produsen Alat Kebersihan Klinko Bakal Masuk Bursa, Tawarkan 230 Juta Saham

Dari sisi proses manufaktur, perusahaan asal Gresik, Jawa Timur ini  mengklaim produknya ramah lingkungan dan punya usia pakai jangka panjang. Pasalnya, dalam pengolahan setiap produk, KLIN mampu menyerap limbah tekstil sebanyak 120 ton per bulan. 

Limbah berupa potongan kain perca kemudian diolah kembali menjadi material kapas dan dipintal kembali menjadi benang sebelum diolah menjadi produk seperti keset lantai, alat pel, lobby duster, dan serbet.

Direktur Utama KLIN Anggun Supanji dalam rilis menyatakan,dengan menjadi perusahaan publik, KLIN dapat terus menjaga komitmennya untuk memberikan produk kebersihan berkualitas dan berstandar internasional yang dipercaya konsumen nasional dan internasional. 

"Dari data perusahaan, kami menilai KLIN memiliki potensi untuk melebarkan bisnisnya di skala nasional dan global. Sebab, seluruh proses produksi KLIN sudah mendukung terbentuknya green environment, termasuk dengan mengembangkan ekosistem yang fokus pada Reuse, Reduce, Recycle (3R)," ujar Effendi Irawan, Direktur Utama PT Elit Sukses Sekuritas. 

PT Elit Sukses Sekuritas adalah perusahaan yang bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek. "Perusahaan saat ini sudah merambah pasar ekspor ke tujuh negara di kawasan Asia Tenggara, Amerika Serikat, Eropa, dan Amerika Latin dengan produk private label," ujar Effendi. 

Baca Juga: Menilik Prospek Saham yang Harganya Membara dan Merana Pasca IPO di 2022

Bagi yang berminat membeli saham IPO KLIN bisa simak jadwal sebagai berikut:

●        Masa penawaran awal: 20-25 Juli 2022

●        Perkiraan tanggal efektif: 29 Juli 2022

●        Perkiraan masa penawaran umum: 2-5 Agustus 2022

●        Perkiraan tanggal penjatahan: 5 Agustus 2022

●        Perkiraan tanggal distribusi saham secara elektronik: 8 Agustus 2022

●        Perkiraan tanggal pencatatan pada Bursa Efek Indonesia: 9 Agustus 2022    

Tak hanya itu,  KLIN mengaku cukup antusias menjalankan setiap proses due diligence yang ditentukan oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI). "Kami sangat mengapresiasi dukungan dari OJK dan BEI yang sangat akomodatif dalam membimbing perusahaan untuk menempuh jalur IPO," kata Anggun. 

Pada masa penawaran umum perdana saham, KLIN akan memberikan waran seri I secara cuma-cuma kepada pemegang saham baru yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham pada tanggal penjatahan. Untuk itu KLIN akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 57,5 juta waran Seri I, dengan harga pelaksanaan waran Rp 100. 

Baca Juga: Bangun Karya Perkasa Jaya Tetapkan Harga IPO Rp 125 Per Saham

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×