kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cum date dividen dari tujuh emiten ini jatuh pekan depan, ini rekomendasi sahamnya


Sabtu, 07 Agustus 2021 / 08:05 WIB
Cum date dividen dari tujuh emiten ini jatuh pekan depan, ini rekomendasi sahamnya


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masih ada sejumlah emiten yang berencana membagikan dividen ke pemegang sahamnya. Setidaknya, ada tujuh emiten yang akan membagikan dividen final maupun interim dengan cum date awal pekan depan.

Emiten tersebut ialah PT Tunas Baru Lampung Tbk (TBLA), PT Budi Starch & Sweetener Tbk (BUDI), dan PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII). Ada juga PT Soho Global Health Tbk (SOHO), PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM), PT Sumber Global Energy Tbk (SGER), dan PT Panin Sekuritas Tbk (PANS).

TBLA akan membagikan dividen Rp 25 per saham, BUDI Rp 6 per saham, dan AGII Rp 3,15 per saham. Kemudian dividen SOHO Rp 197 per saham, SMSM Rp 20 per saham, SGER Rp 4 per saham, dan PANS Rp 100 per saham.

Baca Juga: GGRM derita penurunan laba 39,5% di semester I-2021, begini rekomendasi Ciptadana

Jika mengacu pada harga saham per Jumat (6/8), TBLA menawarkan yield dividen sekitar 3,07%, BUDI 2,83%, dan AGII 0,19%. Kemudian, yield dividen SOHO adalah sebesar 3,68%, SMSM 1,48%, SGER 0,89%, dan PANS 6,64%.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto mengatakan, jika ingin mengincar dividennya, maka BUDI, SMSM, dan PANS bisa menjadi pilihan. Pasalnya, ketiga saham ini memiliki yield dividen yang stabil dan sahamnya tergolong likuid.

Likuiditas suatu saham memengaruhi kemudahan investor untuk memperdagangkannya. Dengan begitu, apabila nanti investor ingin menjual saham-saham tersebut setelah memperoleh dividen, maka kemungkinan dapat relatif mudah dijual.

Melihat data RTI, ketiga saham ini memang rutin membagi dividen setiap tahunnya dengan nilai yang relatif stabil. Bahkan, dalam satu tahun penuh, SMSM bisa empat kali membagi dividen, baik tunai maupun interim dengan jumlah yang cenderung meningkat.

Baca Juga: NH Korindo Sekuritas rekomendasikan beli saham MAPI, simak ulasannya

Kemudian, apabila investor ingin mengincar dividen sekaligus berinvestasi untuk jangk panjang, maka SOHO dan TBLA dapat menjadi pilihan. "SOHO sebagai saham yang berasal dari sektor farmasi akan diuntungkan di masa pandemi, sementara TBLA akan terkena sentimen positif penguatan harga CPO," kata William saat dihubungi Kontan.co.id, Jumat (6/8).

Di sisi lain, apabila investor hanya ingin melakukan trading jangka pendek, maka saham BUDI dan AGII dapat dicermati. Pasalnya, kedua saham tersebut saat ini tengah berada dalam fase uptrend.

 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×