kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cuan! Produk GoCar Hemat Berhasil Bukukan Laba Q3-2023


Rabu, 01 November 2023 / 11:51 WIB
Cuan! Produk GoCar Hemat Berhasil Bukukan Laba Q3-2023
ILUSTRASI. GoCar


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Jakarta. GoCar Hemat, layanan transportasi roda empat berbiaya terjangkau milik Gojek, Unit Bisnis On-demand Services dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mencatatkan profitabilitas pada periode kuartal 3-2023.

Produk ini pun kini diperkenalkan di lebih banyak kota di Indonesia. Manajemen GOTO juga mengeklaim, mitra pengemudi GoCar Hemat mengalami pertumbuhan pesanan per jam sebanyak lebih dari 35%.

Berdasarkan situs resmi Gojek, GoCar Hemat adalah layanan baru untuk mengakomodasi kebutuhan mobilitas pelanggan dengan harga lebih terjangkau. Syarat ketentuannya yakni armada GoCar Hemat adalah mobil ekonomis, bisa digunakan untuk perjalanan dengan jarak sampai 10 km.

“GoCar Hemat kini sudah tersedia hampir di seluruh area di Indonesia yang memiliki layanan Gojek, kecuali area tertentu di Jakarta dan bandara, dan akan terus diperluas secara bertahap ke area lainnya,” tulis situs resmi Gojek.

Selain GoCar Hemat, Gojek juga sudah merilis GoFood Mode Hemat, produk GoFood dengan harga terjangkau yang juga semakin diperluas. Pada saat yang sama operasional produk ini pun menjadi semakin efisien.

Manajemen GOTO menyatakan, inovasi Mode Hemat ini akan mendorong peningkatan kepadatan pesanan, pengumpulan pesanan (batching) yang lebih baik, dan menurunkan biaya yang dibutuhkan untuk menyediakan layanan.

Pada kuartal ketiga ini, mitra pengemudi yang mengambil pesanan GoFood Hemat dan GoFood reguler mengalami peningkatan pesanan per jam sebanyak hampir tiga kali lipat.


Performa baik di 3 bulan per September ini membuat pendapatan pendapatan bruto unit bisnis ODS (Gojek) ini naik 4,6% quarter-on-quarter mencapai Rp 3 triliun, hasil dari fokus perseroan mencatatkan pertumbuhan melalui penggunaan produk dan layanan ekonomis. Dibanding dengan tahun sebelumnya, pendapatan bruto ODS tetap stabil sejalan dengan peningkatan monetisasi.

Rugi Grup Q3 Turun

Dalam keterangan resmi, Senin ini (30/10), manajemen GOTO menyatakan mampu mencatatkan perbaikan kuartalan atas EBITDA Grup yang disesuaikan sebesar 74% year-on-year menjadi negatif Rp 942 miliar, dari sebelumnya negatif EBITDA Rp 3,69 triliun di Q3-2022, yang didorong peningkatan monetisasi dan manajemen beban usaha secara disiplin.

Di saat yang bersamaan, nilai transaksi bruto atau GTV (gross transaction value) Grup tumbuh 5% menjadi Rp 151,3 triliun dibanding kuartal sebelumnya, menunjukkan dampak positif dari inovasi perseroan di tengah kompetisi yang semakin ketat.

Sementara itu, GTV Grup turun 6% year-on-year, disebabkan oleh penurunan insentif dan pemasaran produk. Pada saat yang bersamaan, jumlah konsumen profitabel dan kontribusi mereka terhadap GTV tetap stabil dibandingkan kuartal sebelumnya.

Per 9 bulan tahun ini, GOTO mencatatkan total pendapatan bersih sebesar Rp 10,51 triliun, meningkat 32% dari pendapatan bersih di periode yang sama tahun lalu Rp 7,97 triliun.

Perseroan juga memangkas rugi bersih atribusi entitas induk hingga 53% per September 2023 menjadi Rp 9,55 triliun, dari periode yang sama tahun lalu rugi bersih Rp 20,32 triliun.

Patrick Walujo, Direktur Utama Grup GoTo menjelaskan, GTV Grup telah kembali mencatatkan pertumbuhan positif setelah mencatatkan penurunan dua kuartal berurutan, didorong oleh pertumbuhan unit bisnis E-Commerce dan On-Demand Services.

Hal ini disebabkan oleh strategi perseroan memperluas pasar potensial (total addressable market atau TAM) melalui pengembangan produk dan layanan yang mampu menjawab kebutuhan konsumen yang lebih peka terhadap harga (price conscious customers).

“Sinergi ekosistem yang semakin kuat ini menjadi keunggulan kami di tengah kompetisi yang semakin ketat. Grup GoTo akan terus beradaptasi secara taktis untuk mempertahankan kepemimpinan pasar kami, serta di saat yang sama terus berinvestasi untuk mendukung strategi bisnis jangka panjang perseroan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×