kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

CTRA siapkan belanja modal Rp 1,5 triliun


Jumat, 20 Januari 2017 / 07:39 WIB
CTRA siapkan belanja modal Rp 1,5 triliun


Reporter: Elisabet Lisa Listiani Putri | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Demi menyokong ekspansi tahun ini, PT Ciputra Development Tbk (CTRA) menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) senilai Rp 1,5 triliun.

Manajemen CTRA akan menggunakan Rp 750 miliar atau 50% capex untuk memperluas cadangan lahan (landbank). Sedangkan separuhnya lagi untuk mendukung proyek properti yang baru.

Sebesar 50% belanja modal bersumber dari kas internal, sementara sisanya akan dihimpun dari pinjaman bank. CTRA memilih mencari pendanaan melalui bank karena saat ini bunganya cukup kompetitif.

"Apalagi jika kami bisa berutang ke bank besar dengan cost rendah, seperti BCA dan Mandiri," ujar Direktur CTRA Harun Hajadi, Kamis (19/1).

CTRA menganggap utang bank domestik lebih aman dibandingkan pinjaman luar negeri. Sebab, manajemen mengkhawatirkan dampak nilai tukar jika mengajukan pinjaman luar negeri saat ini.

Meski demikian, saat ini CTRA masih memiliki utang berbentuk medium term notes (MTN) dari luar negeri. Tahun ini, CTRA menyiapkan sejumlah proyek baru, seperti Puri di Jakarta Barat, The Newton di Ciputra World Jakarta 2, Citraland Cibubur, Citra Plaza, Citra Land Tallasa, Ciputra Beach Resort Sadana dan proyek komersial yakni Ciputra Mall di Tangerang.

Dengan proyek ini, CTRA akan menambah total proyek menjadi 81 proyek. CTRA juga berani memasang target marketing sales cukup besar. Manajemen membidik marketing sales Rp 8,5 triliun. Proyeksi ini meningkat 18% dibandingkan marketing sales 2016 senilai Rp 7,2 triliun.

Dari marketing sales itu, sekitar 78% berasal dari penjualan landed house, 13% penjualan apartemen, dan sisanya penjualan office. CTRA juga siap menghimpun dana melalui Dana Investasi Real Estate (DIRE).

Mereka berencana melepas beberapa aset untuk mendapatkan suntikan dana DIRE. Dari DIRE, CTRA membidik Rp 1 triliun hingga Rp 2 triliun. "Kemungkinan di semester kedua tahun ini," ujar Harun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×