kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Citra Borneo Utama jual stearin dan olein ke perusahaan asal China


Selasa, 18 Mei 2021 / 18:33 WIB
Citra Borneo Utama jual stearin dan olein ke perusahaan asal China
Penandatanganan kerja sama jual beli stearin dan olein antara PT Citra Borneo Utama (CBU) dan Grand Resources Group Pte, Ltd.


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anak usaha PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS), yakni PT Citra Borneo Utama menjalin kerja sama jual beli dengan Grand Resources Group Pte, Ltd. Nantinya, Citra Borneo akan menjadi penyedia produk turunan kelapa sawit berupa stearin dan olein.

Penandatanganan perjanjian ini berlangsung pada 12 Mei 2021 secara virtual antara dua negara, yakni Indonesia dan Singapura. Nilai kontrak awal kerja sama jual beli tersebut adalah sebesar US$ 10 juta atau setara Rp 145 miliar (asumsi kurs Rp 14.500 per dolar AS).

Marketing Deputy Director Citra Borneo Monica Putri mengatakan, nantinya, Grand Resources Group Pte, Ltd. akan mendapatkan suplai tetap stearin dan olein dari CBU. Sementara CBU akan mendapatkan keuntungan dengan adanya pembeli tetap.

Menurut Monica, kerja sama ini menjadi tonggak penting bagi CBU dalam mengembangkan bisnis serta kualitas dari setiap produk yang dihasilkan. “Hal ini menjadi milestone penting bagi kedua belah pihak. Setelah penandatanganan ini, hubungan diharapkan dapat dilanjutkan dengan kerja sama yang saling menguntungkan dan dapat dikembangkan," ucap Monica dalam siaran pers, Selasa (18/5).

Baca Juga: Sawit Sumbermas (SSMS) mengejar target kenaikan laba bersih 4 kali lipat

Asal tahu saja, Grand Resources Group Pte, Ltd. adalah anak perusahaan dari Grand Industrial Holding Co Ltd., perusahaan asal China yang bergerak di berbagai macam industri. Sementara, Citra Borneo merupakan perusahaan refinery  atau pabrik penyulingan dan fraksinasi minyak kelapa sawit yang 32% sahamnya dimiliki PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk.

Produk Citra Borneo dari turunan minyak sawit dihasilkan dengan proses penggilingan dan pemurnian. Proses pertama adalah fraksinasi yakni dengan kristalisasi dan proses pemisahan yang menghasilkan bentuk padat (stearin) dan bentuk cair (olein).

Untuk sumber pasokan bahan baku crude palm oil (CPO), Citra Borneo saat ini masih mendapatkan distribusi penuh dari SSMS. Sebesar 80% dari kapasitas yang dimiliki Citra Borneo berasal dari CPO SSMS, sementara 20% lainnya bisa didapatkan dari pihak ketiga.

Pada akhir tahun 2020, SSMS menambah porsi kepemilikan sahamnya di Citra Borneo sebesar 32%, dari sebelumnya hanya 19%. Melalui peningkatan kepemilikan tersebut, SSMS optimistis dapat meningkatkan likuiditas dan keuntungan di masa depan.

Baca Juga: Harga CPO tembus level RM 4.400 per ton, simak prospek saham-sahamnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×