kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Chandra Asri (TPIA) Raih Nilai B untuk ESG dari Carbon Disclosure Project


Rabu, 13 Maret 2024 / 13:04 WIB
Chandra Asri (TPIA) Raih Nilai B untuk ESG dari Carbon Disclosure Project
ILUSTRASI. PT Chandra Asri Pacific Tbk (TPIA) meraih nilai B dalam pengungkapan perubahan iklim oleh Carbon Disclosure Project (CDP).


Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Chandra Asri Pacific Tbk (TPIA) meraih nilai B dalam pengungkapan perubahan iklim oleh Carbon Disclosure Project (CDP).

Head of ESG and Sustainability TPIA Andang Pungkase mengatakan, pengakuan terkait penerapan prinsip environmental, social, and governance (ESG) ini menegaskan komitmen TPIA dalam mengelola dampak lingkungan, menanggapi isu perubahan iklim dengan langkah-langkah proaktif, dan upaya mencapai keberlanjutan.

“Pencapaian ini juga menempatkan TPIA pada posisi terdepan CDP di Indonesia dan setara dengan perusahaan kimia yang diakui secara global,” ujarnya dalam keterbukaan informasi di laman BEI, Rabu (13/3).

Asal tahu saja, CDP merupakan organisasi nirlaba internasional yang memfasilitasi pengungkapan informasi dampak lingkungan perusahaan. CDP memiliki database lingkungan hidup yang paling ekstensif di dunia dan dianggap sebagai standar terbaik dalam pelaporan lingkungan hidup.

Baca Juga: Chandra Asri Pacific (TPIA) Tuntaskan Penerbitan Obligasi Rp 1,5 Triliun

Rating CDP digunakan secara luas untuk mengarahkan pilihan investasi dan pengadaan menuju perekonomian yang menganut prinsip carbon-neutral, sustainability, dan resilient economy.

Andang mengungkapkan, pencapaian ini tidak hanya sebuah manifestasi terhadap upaya TPIA yang telah menempatkan praktik-praktik berkelanjutan sebagai bagian integral dari operasional. Raihan ini juga mendorong Perseroan untuk meningkatkan kinerja ESG, khususnya dalam strategi ketahanan perubahan iklim.

“Rating dari CDP ini memvalidasi efektivitas inisiatif keberlanjutan serta mengukuhkan komitmen Perusahaan sebagai mitra pertumbuhan bagi Indonesia, yang terus berupaya berkolaborasi dengan pemangku kepentingan untuk mencipta ekosistem industri yang lebih berkelanjutan,” ungkapnya.

Sebelumnya, TPIA memperoleh catatan baik terkait ESG. Pertama, peningkatan peringkat ESG MSCI menjadi BBB. Kedua, TPIA juga mempertahankan prestasi sebagai perusahaan ”risiko rendah” dari Sustainalytics dengan penurunan tingkat risiko ESG dari 17,7 menjadi 16,6.

Ketiga, menjadi salah satu emiten dalam kategori IDX ESG Leaders. Keempat, TPIA juga mempertahankan kepemimpinan sebagai perusahaan peringkat teratas ESG di industri kimia komoditas.

Selain itu, Chandra Asri Group juga meraih PROPER Emas dari Kementerian LHK pada 2023.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×