kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Chandra Asri Pacific (TPIA) Bakal Spin Off Unit Usaha Pelabuhan dan Dermaga


Jumat, 15 Maret 2024 / 16:46 WIB
Chandra Asri Pacific (TPIA) Bakal Spin Off Unit Usaha Pelabuhan dan Dermaga
ILUSTRASI. PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group) dengan kode saham TPIA.


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Chandra Asri Pacific Tbk (TPIA) berencana untuk melakukan pemisahan unit usaha alias spin off pelabuhan, dermaga dan fasilitas penyimpanan dengan mengalihkan kepada anak usahanya, PT Chandra Pelabuhan Indonesia (CPAT). 

Melansir ringkasan rancangan pemisahan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat (15/3), manajemen TPIA menjelaskan manfaat dari pemisahan unit ini akan memperkuat struktur permodalan untuk melakukan pengembangan dan pengelolaan aset. 

"Sehingga dapat mendukung pemenuhan permintaan pelanggan terkait usaha pelabuhan, dermaga dan fasilitas penyimpanan," tulis manajemen TPIA dalam keterbukaan informasi, Jumat (15/3). 

Kedua, spin off usaha ini merupakan langkah diversifikasi pengembangan usaha dengan memiliki manajemen yang fokus, kompetitif dan fleksibel dalam pengambilan keputusan dan peluang bisnis.

Baca Juga: Diversifikasi Bisnis, Acset Indonusa (ACST) Bakal Garap Sektor Konstruksi Tambang

Ketiga, akan membuka peluang kerja sama strategis dan bersinergi guna melakukan pengembangan usaha dan mengantisipasi peluang bisnis ke depan dan menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham. 

"Pengalihan ini merupakan bagian dari rencana penyertaan modal TPIA kepada PT Chandra Pelabuhan Indonesia lewat penandatanganan akta pemisah," jelas manajemen TPIA. 

Penyertaan modal kepada CPAT akan dilakukan secepatnya telah TPIA memperoleh persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) atas rencana pemisahan unit usaha atau spin off. 

Nantinya, unit usaha pelabuhan, dermaga dan fasilitas penyimpanan TPIA beralih kepada dan akan dioperasikan oleh CPAT. Kemudian, seluruh perizinan, fasilitas lisensi hingga karyawan juga akan dialihkan kepada CPAT. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×