Reporter: Grace Olivia, Hasbi Maulana | Editor: Hasbi Maulana
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Popularitas Certicard, produk anyar Antam, juga tampak dari banyaknya penawaran oleh para pedagang melalui beberapa pasar digital (marketplace), seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan semacamnya.
Pengamatan Kontan.co.id, para pedagang di pasar digital itu menawarkan Certicard dalam ukuran 0,5 gram, 1 gram, 3 gram, dan 5 gram. Tentu saja harga di pasar digital lebih mahal ketimbang di butik-butik LM. Selisih harga yang dipasang para pedagang pun bervariasi.
Sebagai contoh, ketika Sabtu (15/9) LM menghargai emas ukuran 1 gram dengan Rp 664.000, ada pedagang di satu pasar digital yang menawarkan dengan harga "cuma" Rp 675.000; namun ada juga yang menjualnya dengan harga sampai Rp 943.000.
Respon para pembeli Certicard melalui pasar digital tersebut umumnya menunjukkan mereka puas.
Cukup ramainya pedagang certicard di pasar digital mungkin disebabkan kemudahan sebagaimana layaknya belanja secara online. Selain tidak perlu mengantre, pada umumnya penyelenggara marketplace sudah menerapkan sistem pembayaran yang memungkinkan pembeli meminta balik uangnya jika barang yang mereka terima tidak memuaskan.
Selain itu, tentu saja, sebagian marketplace menyediakan fasilitas cicilan dengan kartu kredit dengan bunga nol persen.
Gram | Harga per keping (Rp) | Harga per gram (Rp) | Stok |
---|---|---|---|
1 | 664.000 | 664.000 | Tersedia |
2 | 1.277.000 | 638.500 | Tersedia |
3 | 1.895.000 | 631.667 | Tidak |
5 | 3.142.000 | 628.400 | Tidak |
10 | 6.195.000 | 619.500 | Tersedia |
25 | 15.323.500 | 612.940 | Tidak |
50 | 30.527.000 | 610.540 | Tersedia |
100 | 60.933.000 | 609.330 | Tidak |
250 | 151.942.500 | 607.770 | Tidak |
500 | 303.582.000 | 607.164 | Tidak |
Sumber: www.logammulia.com, 15 Septermber 2018.
Rupanya, ketika banyak orang menghebohkan tempe setipis kartu, sebagian warga masyarakat yang lain diam-diam berburu "emas setipis kartu" bernama Certicard. Gelagat itu tampak dari data stok emas batangan di Logam Mulia (LM) PT Aneka Tambang (Antam).
Selain terdorong oleh faktor harga yang sempat terkoreksi, permintaan terhadap emas melonjak semenjak Antam menjual emas batangan dalam kemasan baru berbentuk kartu yang diberi nama Certicard.
Menurut Marketing Manager Antam Yudi Hermansyah, stok emas batangan di sejumlah besar butik LM di Jakarta mengalami kekosongan. "Terutama yang ukuran 5 gram dan 10 gram karena paling banyak permintaannya," kata Yudi, Jumat (14/9).
"Emas kemasan Certicard ini belum banyak tersedia di pasar sehingga pembeli harus membeli langsung di butik Antam. Itu yang membuat permintaan melonjak," kata Yudi.
Biasanya, Antam menjual sekitar 1 ton emas batangan setiap bulan. Namun, penjualan di bulan Juli dan Agustus mengalami kenaikan hingga mencapai 2,5 ton per bulannya.
Yudi juga bilang, Antam memberi stok sekitar 20 kilogram untuk setiap butik di wilayah Jakarta per harinya. Stok tersedia dalam berbagai ukuran dan biasanya tidak habis semua. "Tapi dua bulan terakhir sering jatah harian butik-butik itu cepat habis," tutur dia.
Certicard sendiri diluncurkan oleh Anyam sejak Juli lalu. Sesuai namanya, kemasan Certicard berbentuk kartu seukuran kartu kredit yang memiliki ruang di bagian tengah untuk menyelipkan fisik emas batangan.
Membeli certicard berarti pembeli menerima fisik emas sekaligus sertifikat yang menunjukkan keasliannya dalam bentuk kartu tadi. "Jadi, tidak lagi terpisah seperti biasanya," ujar Yudi.
Terhadap emas Certicard, pembeli atau pemilik bisa mengecek keasliannya dengan menggunakan aplikasi Certieye yang dapat diunduh melalui PlayStore (Android) maupun AppsStrore (iPhone).
Kelak Antam hanya akan menjual emas berukuran 0,5 gram - 100 gram dalam kemasan Certicard ini, bukan lagi dalam lantakan biasa.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News