kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,12   2,37   0.26%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cari untung dari emiten pembagi dividen interim, begini caranya


Senin, 01 Oktober 2018 / 14:07 WIB
Cari untung dari emiten pembagi dividen interim, begini caranya
ILUSTRASI. Papan Elektronik Pergerakan Harga Saham di BEI


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memasuki awal Oktober, beberapa emiten bakal membagi dividen interim. Nominal dividen yang dibagikan pun cukup beragam dan menarik untuk dilirik investor sejak awal pekan ini.

Beberapa emiten yang bakal membagikan dividen interim tersebut seperti PT Darya Varia Laboratoria Tbk (DVLA) senilai Rp 37 per saham dengan jadwal pembagian 5 Oktober 2018, diikuti PT Baramulti Suksessarana Tbk (BSSR) senilai Rp 151,22 dengan recording date 5 Oktober 2018, dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA)
yang membagikan dividen interim Rp 23,94 dengan jadwal pembagian 3 Oktober 2018.

Selain itu, pada 9 Oktober 2018 terdapat tiga emiten yang bakal membagikan dividen interimnya. Ketiga emiten tersebut adalah PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) yang bakal membagikan dividen Interim Rp 112 per saham, diikuti PT Astra International Tbk (ASII) senilai Rp 60 dan PT United Tractors Tbk (UNTR) senilai Rp 365 per saham.

Direktur Investa Saran Mandiri Hans Kwee mengungkapkan, untuk melihat emiten mana yang menarik dilirik investor harus melihat dividen yield emiten itu, bukan seberapa besar dividen yang akan dibagikan. "Untuk tahu dividen yield, jadi dividen dibagi harga sahamnya. Kalau itu menarik (besar) tentu baik untuk investor," kata Hans kepada Kontan, Minggu (30/9).

Selanjutnya, investor juga perlu memperhatikan perkembangan pembagian dividen yang dilakukan masing masing emiten tersebut. Apabila tren pembagian dividennya terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, maka cenderung harga sahamnya sudah meningkat banyak.

"Perusahaan yang membagikan nominal dividen yang meningkat dari tahun ke tahun, harganya berkinerja jauh lebih bagus dibandingkan emiten yang membagikan dividen yang berubah ubah setiap tahunnya," jelasnya.

Selain itu, yang perlu diperhatikan investor yakni, pembagian dividen juga merupakan sinyal dari korporasi bahwa kinerja perusahaan berlangsung dengan baik, sehingga mampu menghasilkan free cashflow.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×