kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bursa saham Asia menguat tersengat isu Eropa


Senin, 23 Februari 2015 / 07:33 WIB
Bursa saham Asia menguat tersengat isu Eropa
ILUSTRASI. Emas batangan. REUTERS/Denis Balibouse


Sumber: Bloomberg | Editor: Uji Agung Santosa

TOKYO. Bursa saham Asia menguat. MSCI Asia Pacific Index mencatat kenaikan 0,1% menjadi 145,21 pada pukul 9:01 a.m. di Tokyo.

MSCI Asia Pacific Index mencatat kenaikan 1,5% dalam sepekan terakhir. Sementara  Standard & Poor’s 500 Index dan Dow Jones Industrial Average naik tertinggi sepanjang sejarah. 

Sementara indeks Topix Jepang nail 0,5%. The Nikkei 225 Stock Average menguat 0,8%, tertinggi sejak Mei 2000. Australia’s S&P/ASX 200 Index naik 0,2%, NZX 50 Index Selandia Baru menguat 0,1%, dan indeks Kospi di Korea Selatan naik 0,8%.

Kenaikan bursa Asia mengikuti penguatan indeks acuan regional yang mencapai rekor tertinggi sejak September 2014. Kenaikan terjadi akiban sentimen positif tercapainya kesepakatan program bailout Yunani. 

"Ada beberapa momentum di pasar saham dan keuangan," kata Analis investasu Pengana Capital Ltd,Tim Schroeders seperti dikutip Bloomberg, Senin (23/2). 

Seperti diketahui, para menteri Keuangan zona Euro telah mencapai kesepakatan untuk tetap menjaga masuknya arus bantuan ke Yunani selama 4 bulan. Kesepakatan terjadi setelah Yunani memberikan komitmen menjaga target anggarannya. Kesepakatan itu juga memberikan waktu lebih lama bagi Eropa untuk memberikan program pembiayaan bagi Yunani yang lebih detail. 

Sebanyak 19 anggota Zona Euro telah mengadakan pertemuan di Brussels pada Jumat lalu. Dalam pertemuan itu dicapai kesepakatan, bahwa Yunani wajib menyelesaikan berbagai syarat kebijakan sampai Minggu untuk mendapatkan bantuan keuangan lebih lanjut. 

Dari situlah kemudian para menteri keuangan zona Euri akan menentukan sejauh mana proposal yang ditawarkan Yunani bisa memberikan kepastian bantuan dan bailout keuangan selanjutnya. Reformasi Yunani juga harus mendapatkan validasi dari International Monetary Fund (IMF), the European Central Bank (ECB), dan European Commission.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×