kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45864,40   -2,80   -0.32%
  • EMAS1.360.000 0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bursa Saham Asia Jatuh Saat Investor Menimbang Prospek Suku Bunga AS


Jumat, 14 Juni 2024 / 09:36 WIB
Bursa Saham Asia Jatuh Saat Investor Menimbang Prospek Suku Bunga AS
ILUSTRASI. A man looks at an electric monitor displaying the Japanese yen exchange rate against the U.S. dollar and Nikkei share average outside a brokerage in Tokyo, Japan October 4, 2023. REUTERS/Issei Kato


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Bursa saham Asia jatuh pada hari Jumat (14/6). Investor mempertimbangkan prospek suku bunga Amerika Serikat (AS) setelah The Fed menurunkan pandangannya tentang pemotongan suku bunga meskipun inflasi lebih rendah dari yang diharapkan.

Sementara itu, yen tidak stabil menjelang pertemuan kebijakan Bank of Japan (BOJ).

Dolar bertahan di dekat level tertinggi satu bulan setelah nada hawkish dari The Fed minggu ini, sementara ketidakpastian politik di Eropa menekan euro.

Indeks MSCI Asia-Pasifik di luar Jepang turun 0,48%. Saham-saham China juga turun, dengan saham blue chip turun 0,3%. Sementara Hang Seng Hong Kong turun 0,79%.

Baca Juga: IHSG Memerah di Awal Perdagangan (14/6), Bursa Asia Jatuh Jelang Rilis Suku Bunga BOJ

Indeks Nikkei Jepang turun 0,25% dan yen sedikit melemah di 157,185 per dolar dalam perdagangan awal menjelang pertemuan BOJ. Bank sentral kemungkinan akan mempertahankan suku bunga sangat rendah.

Namun, fokus akan tertuju pada apakah BOJ akan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi pembelian obligasinya atau memberikan petunjuk tentang rencana tapering masa depan dan mulai mengurangi neraca besar-besaran.

Sebuah jajak pendapat Reuters menunjukkan, hampir dua pertiga ekonom mengharapkan BOJ untuk mulai mengurangi pembelian obligasi bulanan, yang sekarang ditetapkan sekitar 6 triliun yen ($38 miliar), pada hari Jumat.

"BOJ mungkin akan menyesuaikan operasi pembelian JGB-nya dengan pengurangan kecil, tetapi kami tidak yakin BOJ akan mulai memangkas tanpa masa tenggang," kata ekonom ING dalam sebuah catatan.

Baca Juga: Sebulan Naik 0,68%, Harga Emas Hari Ini Ambrol Lagi (14 Juni 2024)

Penurunan yen ke level terendah 34 tahun di 160,245 per dolar pada akhir April memicu beberapa putaran intervensi oleh otoritas Jepang dengan total 9,79 triliun yen (US$62,25 miliar).

Yen, yang sangat sensitif terhadap imbal hasil US Treasury, turun lebih dari 10% terhadap dolar tahun ini.

Greg Hirt, CIO global untuk multi aset di AllianzGI, mengharapkan, BOJ tetap sabar dan mungkin menaikkan suku bunga hanya pada bulan Juli atau akhir tahun ini saat lebih banyak data tersedia selama musim panas.

"Kartu liar adalah kelemahan yen yang diperbarui selama dua bulan terakhir. Babak lain dari inflasi biaya dorongan yang disebabkan oleh mata uang dapat merugikan pencapaian tujuan pertumbuhan pendapatan riil."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×