kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bursa CPO Diluncurkan Besok, Ini Kata Triputra Agro Persada (TAPG)


Kamis, 12 Oktober 2023 / 15:21 WIB
Bursa CPO Diluncurkan Besok, Ini Kata Triputra Agro Persada (TAPG)
ILUSTRASI. Triputra Agro Persada (TAPG) turut mendorong peluncuran bursa CPO


Reporter: Recha Dermawan | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa crude palm oil (CPO) akan segera meluncur pada Jumat (13/11). Dengan kehadirannya, diharapkan dapat mereformasi perdagangan CPO di Indonesia.

Dengan meluncurnya Bursa CPO, PT Triputra Agro Persada Tbk (TAPG) yang perusahaan minyak sawit dan karet, akan terus mengikuti perkembangan dan aturan terkait bursa CPO, dalam rangka mengidentifikasi indeks harga CPO Indonesia

Adapun saat ini, TAPG bukan merupakan eksportir CPO. Lantaran, TAPG hanya menjual CPO kepada pada pembeli dalam negeri, yang sebenarnya tidak menutup kemungkinan juga merupakan eksportir

“Meskipun TAPG bukan eksportir, namun jika dibutuhkan maka TAPG juga akan mendaftar pada Bursa CPO.” kata Corporate Secretary TAPG Joni Tjeng.

Baca Juga: Hingga September 2023, Triputra Agro Persada (TAPG) Produksi 720 Ribu Ton CPO

Adapun peluncuran bursa CPO ini bertujuan untuk mengidentifikasi harga CPO Indonesia dan segala proses bisnisnya akan mengikuti best practice bursa yang sudah berjalan dengan baik hingga saat ini.

Melalui ini emiten sawit diharapkan tidak mengalami kendala saat bertransaksi dan dapat meningkatkan performa ekspor pada pelabuhan-pelabuhan yang telah ditunjuk di Indonesia.

Sebelumnya, Sekretaris Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Olvy Andrianita kehadiran bursa CPO dapat membuat data CPO di Indonesia bisa lebih transparan dan akuntable.

Sehingga hal tersebut bisa mendorong perbaikan harga tandan buah segar (TBS) di hulu, serta pendapatan pajak negara dari hilir dapat maksimal.

 

Untuk tahap awal, mengacu pada ketentuan Perba No 7 Tahun 2023, Bappebti tidak mengharuskan perusahaan masuk bursa CPO alias bersifat voluntary.

Namun, Olvy menyebut pihaknya akan terus mendorong supaya pelaku usaha CPO dapat bertransaksi di bursa berjangka Indonesia sehingga tujuan pembentukan bursa CPO dapat tercapai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×