kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bursa Asia menguat terdongkrak rencana pembicaraan dagang AS-China


Jumat, 17 Agustus 2018 / 09:13 WIB
Bursa Asia menguat terdongkrak rencana pembicaraan dagang AS-China
ILUSTRASI. Bursa Asia


Reporter: Khomarul Hidayat | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Bursa saham Asia dibuka menguat, Jumat (17/8), setelah China dan Amerika Serikat (AS) setuju mengadakan pembicaraan perdagangan pada pekan depan. Ini merupakan pembicaraan pertama bagi kedua negara setelah pertemuan pada Juni 2018 lalu bungu alias tak menghasilkan kesepakatan.

Rally penguatan kurs lira Turki juga mendatangkan sentimen positif dan mendongkrak indeks saham. Indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,2% pada awal perdagangan, Jumat (17/8).

Indeks Nikkei Jepang naik 0,5%, mengekor kenaikan bursa Wall Street. Tadi malam, Dow Jones Industrial Average ditutup naik 1,58%  dan indeks S&P 500 naik 0,79%. Sementara Indeks saham dunia MSCI naik 0,63 persen pada Kamis (16/8).

Berita bahwa delegasi Tiongkok yang dipimpin  Wakil Menteri Perdagangan Wang Shouwen akan bertemu dengan perwakilan AS, membantu meningkatkan kepercayaan diri para investor.

Tetapi sentimen ini diperkirakan dampaknya hanya berumur pendek karena pembicaraan tingkat yang lebih rendah saja tidak mungkin menyelesaikan perselisihan perdagangan yang sedang berlangsung antara AS dengan China.

Penasehat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow mengingatkan China  untuk tidak meremehkan tekad Presiden Donald Trump dalam mendorong perubahan dalam kebijakan ekonomi China.

Makanya, pasar saham Cina hampir tidak terkesan dengan rencana pertemuan delegasi AS dan China tersebut. Kemarin, indeks komposit Shanghai berakhir turun 0,66% ke level 2.705,19.

“Jika Anda melihat prospek jangka panjang, AS dapat terpengaruh kalau perselisihan perdagangan berlanjut," kata Shuji Shirota, kepala strategi ekonomi makro HSBC Securities di Tokyo seperti dikutip Reuters.

Di pasar mata uang, lira Turki kembali rebound ke 5,815 per dolar, naik hampir 25% persen dari rekor terendah yakni 7,2400 yang dicapai pada Senin pekan ini. Lira mendapat sokongan dari janji Qatar untuk menginvestasikan dana senilai US$ 15 miliar di Turki.

Sementara kurs yuan Cina membukukan kenaikan harian terbesar sejak Januari 2017 di perdagangan offshore pada Kamis (16/8), yakni naik 1,2% menyusul berita rencana pembicaraan kembali AS dengan China soal perdagangan. Yuan berada di level 6,8672 per dollar AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×