kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bursa Asia menguat, dollar merosot setelah komentar petinggi The Fed


Jumat, 19 Juli 2019 / 08:43 WIB
Bursa Asia menguat, dollar merosot setelah komentar petinggi The Fed


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Bursa saham Asia menguat dan dollar Amerika Serikat (AS) merosot pada awal perdagangan Jumat (19/7). Setelah pejabat Federal Reserve menguatkan ekspektasi penurunan suku bunga AS akhir bulan ini.

Mengutip Reuters, Gubernur Fed New York John Williams mengatakan pada hari Kamis (18/7), pembuat kebijakan perlu menambah stimulus lebih awal untuk menangani inflasi yang terlalu rendah ketika suku bunga mendekati nol dan tidak bisa menunggu bencana ekonomi terjadi.

Baca Juga: Berbalik arah, Wall Street ditutup naik setelah komentar petinggi The Fed

Komentar oleh Williams ini memberi kepastian The Fed akan memilih untuk memotong suku bunga sebesar 25 basis poin (bps) pada pertemuan kebijakan 30-31 Juli dan juga memicu harapan pengurangan lebih dalam 50 bps.

Semalam, Wall Street dibuka turun dan akhirnya bergerak berlawan arah ke zona hijau berkat komentar dovish Williams tersebut.

Saham Australia bertambah 0,4%, KOSPI Korea Selatan naik 0,8% dan Nikkei Jepang naik 1%. Sementara, indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,3%.

Baca Juga: Wall Street dibuka memerah karena imbas saham Netflix yang jatuh

Indeks MSCI Asia Pasifik ini naik hanya 0,3% pada pekan ini, karena aset berisiko sebagian dibatasi oleh pernyataan Presiden AS Donald Trump yang mengancam untuk mengenakan tarif lebih lanjut untuk produk impor China.

"Ekspektasi kebijakan Dovish Fed memang memberikan dukungan untuk pasar ekuitas, yang ditetapkan untuk rebound setelah menderita kerugian pada hari sebelumnya. Tetapi faktor-faktor seperti masalah perdagangan AS-China dan ketegangan atas Iran cenderung membatasi kenaikan pasar," kata Masahiro Ichikawa, senior strategist di Sumitomo Mitsui DS Asset Management.

Baca Juga: Rupiah menguat ke Rp 13.940, Jumat (19/7) pagi, setelah BI pangkas bunga acuannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×