kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bursa Asia menghijau pagi ini, ikuti jejak Wall Street karena optimisme Omicron


Selasa, 07 Desember 2021 / 08:00 WIB
Bursa Asia menghijau pagi ini, ikuti jejak Wall Street karena optimisme Omicron


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa saham di seluruh Asia-Pasifik naik pada hari Selasa (7/12). Setelah Wall Street menguat di tengah optimisme bahwa risiko varian omicron mungkin tidak seburuk yang ditakuti.

Melansir CNBC, indeks Nikkei 225 Jepang naik 0,25% dan Topix naik 0,34%. Di Australia, S&P/ASX 200 naik 0,44%.

Kospi Korea Selatan turun tipis 0,17%. Indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang sedikit naik.

Kepala Penasihat Medis Gedung Putih Dr. Anthony Fauci mengatakan bahwa data awal tentang varian Omicron adalah "sejauh ini tampaknya tidak ada tingkat keparahan yang besar”. Meskipun dia memperingatkan bahwa lebih banyak informasi diperlukan untuk memahaminya sepenuhnya.

Semalam Wall Street melonjak karena optimisme itu, dengan Dow Jones Industrial Average melonjak hampir 650 poin - menghapus kerugiannya pekan sebelumnya.

Baca Juga: Wall Street berseri, Dow naik hampir 650 poin karena meredanya kekhawatiran Omicron

Nasdaq Composite naik dari wilayah negatif dan berakhir 0,9% lebih tinggi ke 15.225,15. S&P 500 naik 1,1% menjadi 4.591,67.

Harga minyak juga melonjak hampir 5% pada hari Senin karena kekhawatiran Covid-19 mereda. Pada hari Selasa selama jam Asia, minyak mentah AS naik 0,35% menjadi US$69,74 per barel.

Di Asia-Pasifik, data ekonomi ke depan termasuk keputusan suku bunga Australia dirilis pagi hari.

Sementara itu, bank sentral China mengumumkan setelah jam pasar pada hari Senin bahwa mereka akan memotong rasio persyaratan cadangan, atau jumlah uang tunai yang harus dimiliki bank sebagai cadangan, untuk kedua kalinya tahun ini.

"Bonus lain untuk perbaikan sentimen risiko semalam adalah berita pelonggaran kebijakan yang datang dari China," kata Rodrigo Catril, senior FX strategist National Australia Bank.

"Mungkin lebih penting daripada pengumuman RRR, keputusan PBOC diikuti oleh pernyataan dari komite pusat partai komunis yang berjanji untuk menstabilkan ekonomi pada 2022, menandakan pelonggaran beberapa pembatasan properti," tulisnya. Sektor real estat China telah terpukul oleh langkah pemerintah untuk mengendalikan utang.

Baca Juga: IHSG berpeluang menguat terbatas pada Selasa (7/12), saham-saham ini bisa dicermati

Saham Evergrande pada hari Senin merosot ke rekor terendah setelah mengatakan tidak dapat menjamin memiliki dana yang cukup untuk kewajiban pembayarannya, dan bergerak menuju rencana untuk merestrukturisasi utang luar negerinya.

Di tempat lain, indeks dolar AS, yang melacak greenback terhadap sekeranjang rekan-rekannya, berada di 96,328 — melanjutkan kenaikannya dari level di atas 96,1 di sesi sebelumnya.

Yen Jepang diperdagangkan pada 113,44 per dolar, terus melemah sejak kemarin. Dolar Australia berada di US$0,7042, karena menguat dari level US$0,701.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×