kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street berseri, Dow naik hampir 650 poin karena meredanya kekhawatiran Omicron


Selasa, 07 Desember 2021 / 05:50 WIB
Wall Street berseri, Dow naik hampir 650 poin karena meredanya kekhawatiran Omicron
ILUSTRASI. Wall Street


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wall Street berseri untuk memulai pekan ini, Senin (6/12). Dow menghapus kerugiannya dari pekan sebelumnya karena investor menepis kekhawatiran akan ancaman yang muncul dari varian Covid-19 Omicron.

Melansir Reuters, Dow Jones Industrial Average naik 646,95 poin atau 1,87% menjadi 35.227,03, S&P 500 naik 53,24 poin atau 1,17% menjadi 4.591,67, dan Nasdaq Composite bertambah 139,68 poin atau 0,93% menjadi 15.225,15.

Indeks Nilai S&P 500 naik 1,5%, mengungguli mitra pertumbuhannya, yang naik 0,9%.

Indeks Transportasi Dow Jones yang sensitif secara ekonomi mengungguli pasar yang lebih luas dengan kenaikan 2,3%. Sementara saham kecil Russell 2000 naik 2%.

Dari tiga rata-rata utama Wall Street, Dow naik paling tinggi dan industri dan kebutuhan pokok konsumen, naik sekitar 1,6%, adalah sektor terkuat S&P diikuti oleh energi dan utilitas, naik 1,5%.

Baca Juga: Wall Street rebound, disokong saham siklikal dan redanya kekhawatiran varian Omicron

Tetapi penurunan perusahaan vaksin Covid-19 mengurangi kenaikan pada sektor perawatan kesehatan.

Varian Omicron telah menyebabkan alarm dan beberapa pembatasan baru di seluruh dunia, investor tampaknya diyakinkan oleh Dr. Anthony Fauci, pejabat tinggi penyakit menular AS, yang mengatakan kepada CNN bahwa "sejauh ini tampaknya tidak ada tingkat keparahan yang besar untuk itu." Namun, dia mengatakan bahwa studi lebih lanjut diperlukan.

"Orang-orang tidak terlalu khawatir tentang varian ini," kata King Lip, kepala analis investasi di Baker Avenue Asset Management di San Francisco.

Lip juga mengutip dorongan dari berita bahwa bank sentral China akan memotong jumlah uang tunai yang harus disimpan bank sebagai cadangan, berpotensi meningkatkan perusahaan luar negeri yang menjual produk di China serta ekonomi China.

Asal tahu, Wall Street telah berayun liar sejak 26 November karena investor mencerna berita tentang varian Omicron dan kemudian komentar hawkish Ketua Federal Reserve Jerome Powell pekan lalu tentang pengurangan lebih cepat pembelian obligasi pemerintah untuk mengatasi lonjakan inflasi.

Penutupan indeks S&P pada hari Senin adalah 2,3% di bawah di mana diperdagangkan sebelum investor mulai bereaksi terhadap virus Omicron.

"Jika kekuatan hari ini di blue chips dapat mempertahankan dirinya sendiri, itu mungkin memberi sisa pasar kemampuan untuk mulai merasa percaya diri," kata Robert Pavlik, manajer portofolio senior di Dakota Wealth Management.

Namun, Goldman Sachs pada hari Sabtu memangkas prospek pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) menjadi 3,8% untuk 2022, mengutip risiko dan ketidakpastian seputar munculnya Omicron.

Baca Juga: Masih Ada Sentimen Negatif, Simak Proyeksi IHSG Selasa (7/12)

Investor juga bersiap untuk potensi pukulan terhadap pendapatan perusahaan, terutama di antara pengecer, restoran, dan perusahaan perjalanan.

Tiga persentase kenaikan terbesar sektor industri adalah maskapai penerbangan yang dipimpin oleh United Airlines naik 8,3% dan indeks S&P Airline ditutup naik 5,5%.

Penguat kuat lainnya dalam saham terkait perjalanan termasuk Norwegian Cruise Line Holdings, yang berakhir naik 9,5%. Perusahaan persewaan liburan Airbnb menambahkan 8,5%.

Penurunan terdalam termasuk pembuat vaksin Covid-19 seperti Moderna Inc, turun 13,5% dan Pfizer turun 5%, karena investor mengantisipasi pengembangan vaksin dengan perlindungan khusus untuk Omicron dapat memakan waktu berbulan-bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×