Reporter: Annisa Aninditya Wibawa | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
JAKARTA. PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) tengah gencar mengembangkan segmen komersialnya. Tahun ini, BSDE menargetkan segmen komersialnya bisa meroket 90% ke posisi Rp 2,9 triliun. Unit properti yang masuk ke segmen komersial ini yaitu lahan komersial, rumah toko, perkantoran, apartemen atau kondominium, dan pergudangan.
"Segmen komersial ini diharapkan mampu memicu pertumbuhan marketing sales di tahun ini," ucap Direktur merangkap Sekertaris Perusahaan BSDE, Hermawan Wijaya, Senin, (10/3).
Lahan komersial di kawasan BSD City diproyeksikan menjadi kontributor terbesar dengan angka penjualan Rp 2,48 triliun. Angka tersebut diperkirakan berporsi 41% terhadap total target segmen komersial. Hermawan bilang, pihaknya menargetkan penjualan segmen komersial di BSD City dapat naik 63%.
Tahun 2013, segmen komersial BSDE hanya berkontribusi 21% terhadap raihan marketing sales. Sedangkan di tahun ini, BSDE ingin kontribusi segmen komersial tersebut naik hingga 48%. Sehingga, nantinya kontribusi segmen komersial dan residensial akan berimbang dalam memperkuat struktur bisnis emiten ini.
Kemudian di tahun ini, segmen residensial diperkirakan akan memegang porsi 52% terhadap marketing sales atau senilai Rp 3,1 triliun. Nantinya, sekitar Rp 1,92 triliun diproyeksikan berasal dari penjualan unit rumah tapak di BSD City.
Selain itu, BSD juga akan melakukan strategi diversifikasi proyek di daerah seputar Jakarta dan luar Pulau Jawa. Tahun ini, BSDE mulai akan memasarkan proyek Gran City. Di situ, target marketing sales-nya yakni Rp 150 miliar di tahun pertama. Angka tersebut menjadikan Gran City sebagai kontributor terbesar keempat untuk target marketing sales di segmen residensial.
Secara keseluruhan, BSDE menargetkan pencapaian marketing sales sebesar Rp 6 triliun di tahun ini. Angka tersebut tumbuh 11% dari tahun 2013 kemarin.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News