kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bitcoin Bangkit Usai Putusan The Fed, Targetkan Harga Rp 743 Juta di Akhir 2023


Kamis, 14 Desember 2023 / 12:46 WIB
Bitcoin Bangkit Usai Putusan The Fed, Targetkan Harga Rp 743 Juta di Akhir 2023
ILUSTRASI. Harga Bitcoin ditargetkan capai US$ 48.000 atau sekitar Rp 743 juta di akhir tahun 2023.


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bitcoin (BTC) telah menunjukkan performa yang mengesankan sepanjang tahun 2023 dengan kenaikan hingga 155% dari sekitar US$ 15.600 hingga mencapai puncak tertinggi pada US$ 44.000. Bitcoin ditargetkan capai US$ 48.000 atau sekitar Rp 743 juta di akhir tahun 2023.

Bitcoin kini berhasil pulih dari koreksi pada awal pekan kedua Desember, yang sekarang mencapai lebih dari US$42.000 pada tanggal 14 Desember 2023. Kenaikan harga BTC sebagai hasil dari keputusan The Fed untuk mempertahankan suku bunganya pada kisaran 5,25%-5,5% dengan isyarat kemungkinan penurunan suku bunga untuk tahun mendatang.

Trader Tokocrypto Fyqieh Fachrur menjelaskan, kebijakan terbaru dari The Fed memberikan keyakinan bahwa kondisi makroekonomi AS akan menjadi lebih stabil. Prediksi jangka pendek menunjukkan bahwa pasar kripto kemungkinan akan tetap bullish hingga akhir tahun 2023 dan awal tahun 2024.

Baca Juga: Peluang Bullish Market Kripto Terbuka Usai The Fed Pertahankan Suku Bunga

"Faktor yang mendukung Bitcoin saat ini adalah harapan akan siklus pelonggaran jangka pendek oleh The Fed dan optimisme terkait adopsi institusional melalui ETF Bitcoin spot yang diperkirakan akan disetujui di AS pada awal tahun 2024. Ini memberikan peluang bagi kenaikan harga BTC dalam jangka pendek, meskipun ada potensi koreksi yang lebih rendah," kata Fyqieh dalam siaran pers, Kamis (14/12).

Hanya saja, langkah-langkah yang akan diambil oleh The Fed di masa mendatang masih belum jelas. Ketua The Fed, Jerome Powell, telah menyatakan bahwa kemungkinan penurunan suku bunga lebih lanjut masih belum pasti. Federal Reserve terus berusaha menghadapi lanskap ekonomi yang kompleks dengan upaya memitigasi inflasi tanpa mengganggu tingkat pengangguran atau mengakibatkan resesi ekonomi.

Dalam upaya mencapai target kenaikan harga, Fyqieh menjelaskan bahwa tren harga Bitcoin dalam jangka pendek saat ini menunjukkan sentimen positif. Namun, ada indikasi kejenuhan dalam aksi pembelian yang dapat menghambat lonjakan harga BTC.

"Fungsi pergerakan di atas US$ 44.000 atau setara Rp 681 juta dapat menarik minat lebih banyak trader untuk membuka posisi long, yang mungkin mengindikasikan akhir dari koreksi dan memicu reli sebelum Natal. Langkah-langkah kunci selama beberapa minggu mendatang, termasuk mencapai level US$ 45.000 (Rp 697 juta) dapat membuka pintu menuju level US$ 48.000 (Rp 743 juta)," ujar Fyqieh.

Selama dua bulan terakhir, Bitcoin telah mengalami beberapa koreksi, yang sebagian besar merupakan tahap pemulihan untuk membangun momentum bullish yang lebih kuat. Fyqieh menekankan pentingnya melihat kesehatan pasar dari segi koreksi, bukan hanya melalui satu tren linear.

Baca Juga: Harga Bitcoin di Atas US$ 44.000, Bakal All Time High?

"Sementara Bitcoin kemungkinan akan mengalami koreksi dalam bull run saat ini, saya melihat minat yang lebih tinggi terhadap BTC pada tahun 2024, terutama didorong oleh potensi persetujuan ETF, peristiwa halving, dan masuknya pengembang baru," jelasnya.

Apabila ETF disetujui, Fyqieh memandang hal ini dapat dianggap sebagai pemicu awal sebelum reli pra-halving. Sejarah mencatat bahwa Bitcoin cenderung mengalami reli menjelang acara halving, dan dengan berkurangnya hadiah bagi para penambang setelah halving, pasokan Bitcoin diperkirakan akan berkurang sementara permintaan terus meningkat.

Saat ini, pandangan teknis terhadap Bitcoin cenderung bearish. Diperlukan uji coba ulang yang sukses pada 21-day Exponential Moving Average (EMA) untuk mengonfirmasi sikap bullish dan mengatasi dampak bearish. Sinyal jual dari indikator Moving Average Convergence Divergence (MACD) juga menimbulkan kekhawatiran terkait struktur teknis Bitcoin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×