kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,58   -16,27   -1.69%
  • EMAS984.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Bingung Berinvestasi? Ini Tips Investasi dari Ryan Filbert


Senin, 23 Mei 2022 / 20:49 WIB
Bingung Berinvestasi? Ini Tips Investasi dari Ryan Filbert
ILUSTRASI. Emas termasuk instrumen investasi yang risikonya rendah


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mempelajari dasar-dasar investasi dan kurasi portofolio sangat penting untuk mendapatkan daya tarik dari industri investasi. Brand Ambassador dan ahli keuangan Octa Investama Berjangka Ryan Filbert memberikan tips kehidupan finansial yang menjauhkan dari kerugian.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Sabtu (21/5), Ryan mengatakan, bagi masyarakat yang masih bingung bagaimana harus berinvestasi, sebetulnya sangat banyak pilihan aset investasi yang tersedia.

Kata Ryan, Anda dapat berinvestasi dalam emas, saham, valuta asing, real estat, dana, atau mata uang kripto—berkat internet. Namun, jangan bingung dengan banyaknya pilihan. Semuanya memiliki kelebihannya masing-masing. "Tapi lihatlah hal tersebut seperti ini: Tidak ada mobil yang sempurna. Tapi pasti ada mobil di suatu tempat yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal yang sama berlaku untuk berbagai investasi," ujar Ryan.

Baca Juga: Ingin Berinvestasi di Jam Tangan Mewah, Simak Rekomendasi Perencana Keuangan Berikut

Selain itu, aset investasi berbeda dalam hal instrumen. Ryan mencontohkan emas.

"Ini tergantung pada profil dan manajemen waktu Anda mengenai pendekatan mana yang paling menguntungkan atau menguntungkan bagi Anda, apakah itu membeli emas batangan, perhiasan emas, atau memperdagangkan reksadana emas, berjangka atau ETF, dan bahkan opsi pembelian emas dengan sewa," kata Ryan .

Menurutnya, kita dapat menggunakan instrumen yang dikaitkan dengan tingkat risiko tinggi, tetapi pada kenyataannya, risikonya cukup rendah. "Instrumen seperti emas bisa sangat efektif dengan cara itu," kata Ryan.

Lebih lanjut, Ryan mengenalkan opsi pembelian sewa emas. Yakni, investor bisa mendapatkan 100 gram emas sebagai sewa selama 10 bulan, yang berarti Anda memiliki 100 gram di muka dengan 10 gram dicicil per bulan. "Jika harga emas telah naik maka bergembiralah. Jika telah berhasil jatuh sementara itu, harapkan kenaikan," ujarnya.

Dalam kedua kasus, kata Ryan, Anda membayar bunga seperti pada sepeda motor atau pinjaman peralatan. Namun dalam kasus ini, Anda tidak berurusan dengan barang utilitas belaka yang kehilangan nilainya jauh lebih cepat, melainkan dengan emas sebagai upaya melestarikan modal atau investasi jangka panjang.

Ryan mengingatkan jauh lebih penting dalam memulai investasi adalah menemukan ahli yang bijaksana dan berwawasan luas untuk memberikan rekomendasi awal, tetapi juga memberikan kompas untuk menavigasi kumpulan kemungkinan, serta risikonya. Meneliti platform dan peluang yang tepat untuk domain itu adalah kuncinya.

Baca Juga: Tiga Strategi yang Perlu Diketahui Sebelum Terjun Trading Forex

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×