kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bersaing sengit berebut pelanggan, begini rekomendasi emiten sektor telekomunikasi


Minggu, 13 Oktober 2019 / 12:27 WIB
Bersaing sengit berebut pelanggan, begini rekomendasi emiten sektor telekomunikasi
ILUSTRASI. Persaingan sengit bisnis data masih terus dialami oleh emiten-emiten di sektor telekomunikasi.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Persaingan sengit bisnis data masih terus dialami oleh emiten-emiten di sektor telekomunikasi. Perang tarif yang dilakukan beberapa emiten menjadi salah satu bukti bahwa persaingan di sektor ini masih ketat.

Beberapa analis menyebutkan, perang tarif yang dilakukan beberapa emiten memang dilakukan untuk menggaet pelanggan. Saat ini, fokus emiten telekomunikasi memang di ranah tersebut sembari menambah daya kecepatan data yang dimiliki.

Analis Ciptadana Sekuritas Sebastian Tobing mengatakan, saat ini semua emiten telekomunikasi sulit untuk menaikkan tarif data mereka. Hal ini dikarenakan saat ini fokus menambah jumlah pelanggan menjadi nomer satu. Selain itu, Sebastian juga berpendapat tarif kemungkinan rebound jika situasi perekonomian sudah membaik.

Ia menilai sektor telekomunikasi saat ini memiliki prospek yang cukup baik. Ini karena bisnis sektor telekomunikasi didukung oleh momen-momen yang ada. Sebastian mencontohkan ketika aksi unjuk rasa beberapa pekan lalu, volume penggunaan data bisa meningkat. “Orang-orang kan pada kirim gambar dan video untuk kasih informasi,” ucapnya.

Baca Juga: Modal ventura milik Telkom menggelontorkan investasi total US$ 160 juta

Selain itu, fundamental lain yang bisa memberikan kinerja positif bagi sektor telekomunikasi ialah adanya upgrade layanan internet. Sebastian bilang ketika ada seseorang melakukan upgrade layanan data seperti 4G dan 5G, penggunaan data bisa menunjukkan kenaikan yang cukup pesat.

Sependapat, analis Sinarmas Sekuritas Richardson Raymond juga mengatakan, hingga semester I tahun ini kinerja sektor telekomunikasi masih bagus. Hal ini dikarenakan adanya kenaikan dari segi volume penggunaan data serta jumlah pelanggan yang bertambah.

Hanya saja, Raymond menilai perlu dilihat kembali untuk hasil kinerja di kuartal III-2019 yang dalam waktu dekat akan keluar. Ia melihat emiten-emiten telekomunikasi pada kuartal III banyak yang melakukan inovasi-inovasi terbaru mulai dari harga hingga jenis paket data.

Baca Juga: Sarana Menara Nusantara (TOWR) tunggu hasil akhir penjualan menara Indosat

“Kita lihat EXCL memberikan bonus-bonus kuota, sedangkan ISAT sudah tidak ada lagi seperti kuota malam namun sekarang menjadi kuota utama. Untuk TLKM, mereka sedikit mengubah tarif,” jelas Raymond.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×