kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bergerak menguat, simak prospek saham emiten poultry JPFA, CPIN, MAIN ke depan


Selasa, 15 Desember 2020 / 19:46 WIB
Bergerak menguat, simak prospek saham emiten poultry JPFA, CPIN, MAIN ke depan
ILUSTRASI. Bergerak menguat, simak prospek saham emiten poultry JPFA, CPIN, MAIN ke depan


Reporter: Kenia Intan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Harga saham emiten poultry cenderung menguat sepekan terakhir. Hal ini tercermin dari pergerakan harga tiga saham emiten poultry yang paling likuid di bursa, yakni PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA), PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN), dan PT Malindo Feedmill Tbk (MAIN).

Mengutip RTI Business pada penutupan perdagangan Selasa (15/12), JPFA mencatatkan kenaikan harga paling tinggi 8,71% seminggu terakhir menjadi 1.560. Setelahnya, disusul CPIN yang menguat 6,75% menjadi 6.725. Adapun MAIN juga menguat 4,67% menjadi 785.

Head of Investment Information Team Mirae Asset Sekuritas, Roger MM, mengungkapkan, pergerakan harga ini terdongkrak sentimen positif dari global dan domestik. Dari global, sentimen yang mempengaruhi masih seputar vaksin Covid-19. Kehadiran vaksin Covid-19 memunculkan harapan adanya pemulihan demand atau permintaan pasar.

Sementara dari domestik, harga ayam broiler maupun day old chicks (DOC) cenderung mengalami peningkatan. Sepengamatannya sejauh ini, harga ayam broiler sudah menyentuh Rp 20.000 per ekor dan harga DOC Rp 6.000 hingga Rp 7.000 per ekor. 

Baca Juga: Pemilik Japfa Handojo Santosa masuk daftar 50 orang terkaya Indonesia versi Forbes

Harga tersebut membaik dibanding rata-rata harga di bulan Oktober, untuk broiler Rp 15.600 dan DOC di harga Rp 5.000.

Dilihat dari kinerja keuangannya, hingga kuartal III 2020 kinerja ketiganya memang melorot jika dibanding pada periode yang sama tahun 2019. Akan tetapi secara kuartalan atau quartal on quartal (QoQ) kinerjanya cenderung membaik khususnya untuk JPFA dan MAIN.

Ke depan, kinerja emiten poultry diprediksi akan lebih baik dibandingkan tahun tahun 2020. Hal ini dipicu sentimen positif dari nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang cenderung menguat.

Asal tahu saja, sebagian besar bahan baku untuk pakan ternak adalah kedelai yang lebih banyak diimpor. Komposisinya mencapai 25% dari total kandungan dalam pakan ternak.

Dengan kata lain, penguatan rupiah terhadap dolar AS akan meringankan beban perusahaan. Di sisi lain, penguatan rupiah terhadap dolar dapat memberi angin segar bagi emiten-emiten yang memiliki utang dalam bentuk dolar, salah satunya JPFA.

Baca Juga: Peluang IHSG menuju ke 6.000 terbuka, saham-saham ini menjadi rekomendasi analis

Adapun tahun 2020 ini dianggap sebagai low base atau titik terendah bagi emiten-emiten poultry. Oleh karena itu, tahun depan kinerja emiten poultry dapat dipastikan akan lebih baik.

"Tahun 2021 emiten poultry akan mengalami lonjakan pendapatan dengan harapan demand kembali pulih," jelas Roger dalam acara Stock On Fire yang digelar secara virtual Selasa (15/12). Lebih lanjut dijelaskan, permintaan akan pulih seiring dengan aktivitas hotel dan restoran yang mulai berjalan.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×