kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45896,66   8,93   1.01%
  • EMAS1.363.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BEI Targetkan Transaksi SPPA Capai Rp 140 Triliun di Tahun 2024


Selasa, 20 Februari 2024 / 05:55 WIB
BEI Targetkan Transaksi SPPA Capai Rp 140 Triliun di Tahun 2024
Pemaparan?Implementasi Enhancement SPPA oleh BEI, Senin (19/2).


Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan transaksi investor di Sistem Penyelenggara Pasar Alternatif (SPPA) mencapai Rp 140 triliun pada tahun ini.

Kepala Divisi Pengembangan Bisnis 1 BEI Firza Rizqi Putra mengatakan, terdapat peningkatan transaksi SPPA pada tahun 2024.

Per 19 Februari 2024, rata-rata nilai transaksi harian (RNTH) di SPPA sebesar Rp 1,63 triliun, dengan total transaksi Rp 32 triliun.

“Jadi ini memang meningkat cukup signifikan. Oleh karena itu, kami optimistis pelaku pasar bisa memanfaatkan SPPA sebagai platform,” ujarnya dalam Konferensi Pers Implementasi Enhancement SPPA BEI, Senin (19/2).

Baca Juga: Optimalisasi SPPA BEI Bantu Pengembangan SUN

Peningkatan nilai transaksi per 19 Februari ini terjadi di beberapa instrumen, bahkan di luar instrumen Obligasi Pemerintah Fixed Rate (Seri FR).

“Pelaku pasar sudah mulai juga memanfaatkan SPPA sebagai price discovery. Tidak hanya untuk government bonds seri FR, tetapi juga seri sukuk (Project Based Sukuk/PBS) misalnya. Ini terus masuk dalam SPPA,” ungkapnya.

Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik mengatakan, ada beberapa strategi dalam meningkatkan transaksi. Dalam jangka pendek, BEI akan melakukan sosialisasi dan diskusi dengan para pengguna dan calon pengguna untuk lebih bisa berpartisipasi.

“Kami juga akan berdiskusi dengan para pengambil kebijakan bagaimana SPPA punya peran yang strategis terkait pelaporan dan perdagangannya,” ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Perdagangan Surat Utang Negara (SUN) melalui SPPA terus meningkat dari tahun ke tahun, baik dari sisi trading value serta market share. 

Baca Juga: KSEI Siapkan Strategi untuk Kerek Likuiditas Pasar Modal di Tahun 2024

Sampai dengan saat ini, terdapat 33 pelaku pasar EBUS Indonesia, yang sudah menjadi Pengguna Jasa SPPA dan sepanjang tahun 2023 berhasil membukukan transaksi senilai Rp 139 triliun. Transaksi tersebut mengalami peningkatan sebesar 12% jika dibandingkan dengan tahun 2022. 

Hal ini didukung oleh peran SPPA yang membuat perdagangan EBUS menjadi lebih efisien karena langsung terhubung dengan Sistem Penerima Laporan Transaksi Efek (PLTE) dan lebih efektif karena perdagangannya mengakomodasi mekanisme multilateral matching sampai dengan bilateral negotiation.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×