kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45896,66   8,93   1.01%
  • EMAS1.363.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BEI Masih Mengkaji Indeks Baru Berbasis Syariah dan ESG


Selasa, 24 Oktober 2023 / 20:45 WIB
BEI Masih Mengkaji Indeks Baru Berbasis Syariah dan ESG
ILUSTRASI. BEI terus mengkaji indeks baru berbasis Environmental, Social, and Governance (ESG) dengan mengombinasikan tema syariah.ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) terus mengkaji indeks baru berbasis Environmental, Social, and Governance (ESG) dengan mengombinasikan tema syariah.

Kepala Divisi Pasar Modal Syariah Bursa Efek Indonesia Irwan Abdalloh menuturkan indeks ESG dengan kombinasi syariah masih dalam antrian kajian.  

"Tahun ini energi pengembanan produk difokuskan untuk bursa karbon sehingga prioritasnya agak bergeser," jelas Irwan kepada Kontan.co.id, Selasa (24/10).

BEI belum bisa memastikan kapan indeks anyar itu akan meluncurkan. Namun yang pasti indeks syariah ESG itu tidak akan dirilis pada 2023 ini. 

Baca Juga: ADRO, BUMI, BRMS, dan MAPA Masuk Indeks FTSE Global Equity Shariah

Jeffrey Hendrik, Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia mengatakan indeks syariah ESG belum bisa diluncurkan pada tahun ini dan masih menunggu kondisi pasar. 

"Belum kami luncurkan tahun ini. Peluncurannya masih melihat kondisi pasar," kata Jeffrey. 

Indeks anyar akan menjadi satu-satunya indeks yang mengombinasikan saham yang menerapkan ESG dan masuk dalam kategori syariah di bursa saham Indonesia. 

Indeks syariah ESG itu diharapkan dapat menjadi sentimen baru bagi pasar modal syariah. BEI terus berupaya untuk menjadi konsep yang sesuai dengan karakter pasar Indonesia. 

BEI punya lima indeks syariah, yakni Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dan Jakarta Islamic Index (JII), Jakarta Islamic Index 70 (JII70), IDX-MES BUMN 17, dan IDX Sharia Growth (IDXSHAGROW).

Kemudian BEI juga punya lima indeks berbasis ESG. Ada indeks ESG Leaders, ESG Sector Leaders, IDX Kehati, ESG Quality 45 IDX Kehati, SRI-KEHATI dan LQ45 Low Carbon Leaders. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×