kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BEI jaring tenaga kerja berkualitas


Senin, 25 Januari 2016 / 07:17 WIB
BEI jaring tenaga kerja berkualitas


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Pada Sabtu (23/1) Bursa Efek Indonesia (BEI) terus melakukan pengembangan pasar modal dengan menjaring tenaga berkualitas yang memiliki etika maupun logika yang baik. Hal inilah yang menjadi dasar bagi tiga lembaga Self Regulatory Organization (SRO) menyelenggarakan Capital Market Professional-Development Program (CMP-DP).

"Pada dasarnya pasar modal itu saat ini tidak ada sekolahnya, orang masuk harus belajar dulu. Kita sudah kerjasama dan berbicara dengan 10 universitas untuk membuat pendidikan pasar modal dari tahun pertama kuliah di Fakultas Ekonomi," ujarnya, Sabtu (23/1).

CMP-DP merupakan program seleksi bagi calon tenaga profesional di pasar modal yang telah diluncurkan dalam pembukaan Investor Summit and Capital Market Expo 2015 pada 9 November 2015 lalu. Proses seleksi CMP-DP sendiri saat ini sudah memasuki tahap kedua yang mana telah terpilih 170 peserta dari 4.200 pelamar dari seluruh Indonesia untuk mengikuti tes yang meliputi Focus Group Discussion (FGD) dan Psikotes.

"Yang daftar 4.200 peserta, kita ambil 170 orang, 60 orang akan diambil minggu depan. Nah, Final kita cuma akan ambil 20-30 orang maksimal. Harapannya kita punya pegawai yang punya etika dan logika yang bagus," lanjutnya.

Kegiatan ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran potensi kandidat dan kompetensi-kompetensi yang diperlukan agar dapat sukses di pekerjaan mereka nantinya. Kegiatan ini juga memberikan informasi mengenai gambaran karakter kepribadian dari calon peserta dan kesesuaian dengan tuntutan pekerjaan yang ada di SRO.

Calon kandidat yang lulus seleksi tahap kedua akan diwawancara jajaran direksi SRO sampai dengan terpilih sekitar 30 orang terbaik yang akan mengikuti 12 bulan program pengembangan dan 6 bulan on the job training. Nantinya setiap lulusan CMP-DP akan ditempatkan untuk bekerja di tiga lembaga SRO dan afiliasinya.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Alpino Kianjaya menyatakan apresiasi terhadap upaya dari para peserta yang telah sampai ke dalam tahap kedua. Menurutnya, daftar seluruh peserta yang telah lolos ke seleksi tahap kedua ini akan dipromosikan kepada Perusahaan Efek Anggota Bursa.

Alpino berharap proses pembelajaran bagi seluruh peserta yang telah mengikuti tes seleksi CMP-DP akan terus berlanjut. Ia juga menganjurkan kepada para peserta yang tidak lolos seleksi untuk menjadi investor di BEI untuk mengetahui secara detail informasi sehingga dapat mengaplikasikan seluruh ilmunya di pasar modal.

"Jika seluruh peserta yang mengikuti tes ini mau terus belajar maka pasti akan mencapai masa depan yang lebih baik," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×