kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45758,46   8,95   1.19%
  • EMAS904.000 -1,74%
  • RD.SAHAM 1.15%
  • RD.CAMPURAN 0.62%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.32%

BEI catat penambahan 30.000 SID sepanjang 2020


Selasa, 25 Februari 2020 / 20:26 WIB
BEI catat penambahan 30.000 SID sepanjang 2020
ILUSTRASI. BEI menargetkan jumlah SID pasar modal dapat meningkat 20%-25% pada tahun ini.

Reporter: Nur Qolbi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sepanjang tahun ini hingga Senin (24/2), Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat penambahan 30.000 single investor identification (SID) pasar modal. BEI menargetkan jumlah SID pasar modal dapat meningkat 20%-25% pada tahun ini, bertambah dari 2,6 juta SID per akhir 2019.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan, pihaknya optimistis dapat mencapai target tersebut. Pasalnya, sejumlah kasus yang melanda pasar modal seperti kesalahan investasi PT Asuransi Jiwasraya, penutupan sejumlah reksadana, dan pemblokiran 800 subrekening efek tengah dilakukan pemulihan.

"Kejadian-kejadian kemarin mungkin membuat beberapa investor mengambil sikap wait and see. Akan tetapi, kami percaya dengan proses hukum yang dilakukan beserta sanksi dan penegakannya akanĀ  disertai perbaikan menyeluruh di ekosistem dan industri pasar modal," kata dia di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (25/2).

Baca Juga: Benny Tjokro Meminta BPK & Kejagung Ungkap Transaksi Efek Jiwasraya Tahun 2006-2016

Terlebih lagi, apabila sudah ada tindakan hukum yang tegas terhadapĀ  pihak-pihak yang terbukti melakukan pelanggaran, maka akan mengembalikan dan menguatkan kepercayaan investor, baik domestik maupun luar negeri.

Pasalnya, menurut Hasan, emiten-emiten dalam bursa saham Indonesia masih memberikan potensi imbal hasil yang lebih tinggi dibanding negara lain. "Dilihat dari potensi tingkat return yang dijanjikan, BEI tetap menjadi bursa efek yang terkemuka dan memberikan imbal hasil tertinggi bagi investornya," ungkap Hasan.

Baca Juga: Ini Penyebab IHSG Anjlok dan Bursa Saham Lesu

Oleh karena itu, BEI akan menjalankan edukasi bagi para investor supaya tidak lagi terkecoh dengan upaya pembentukan harga. Salah satunya adalah dengan mengembangkan notasi khusus. Hal ini dilakukan agar investor tidak hanya melihat fundamental perusahaan, tetapi juga kepatuhan emiten.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×