kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.350.000   -4.000   -0,17%
  • USD/IDR 16.665   -20,00   -0,12%
  • IDX 8.272   -2,63   -0,03%
  • KOMPAS100 1.147   -2,68   -0,23%
  • LQ45 828   0,00   0,00%
  • ISSI 290   -1,26   -0,43%
  • IDX30 434   0,97   0,22%
  • IDXHIDIV20 499   3,67   0,74%
  • IDX80 127   -0,55   -0,43%
  • IDXV30 136   -0,78   -0,57%
  • IDXQ30 138   0,41   0,30%

Begini Strategi Remala Abadi (DATA) Genjot Kinerja pada 2025


Selasa, 09 September 2025 / 16:44 WIB
Begini Strategi Remala Abadi (DATA) Genjot Kinerja pada 2025
ILUSTRASI. Produk modem internet PT Remala Abadi Tbk (DATA). Remala Abadi Tbk (DATA) menyiapkan sejumlah strategi untuk meningkatkan pendapatan dari segmen korporasi maupun ritel. ?


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten penyedia infrastruktur telekomunikasi Grup Djarum, PT Remala Abadi Tbk (DATA) menyiapkan sejumlah strategi untuk meningkatkan pendapatan dari segmen korporasi maupun ritel. 

Melansir laporan keuangan per 31 Maret 2025, DATA meraup pendapatan sebesar Rp 86,39 miliar. Ini melonjak 10,28% secara tahunan atau Year on Year (YoY) dari Rp 78,33 miliar. 

Dari sisi bottom line, DATA mencetak laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 13,7 miliar pada kuartal I-2025. Ini turun 9,09% YoY dari Rp 15,07 miliar pada kuartal I-2024. 

Baca Juga: Emiten Grup Djarum, Remala Abadi (DATA) Siapkan Capex Rp 500 Miliar

Presiden Direktur Relama Abadi Agus Setiono menjelaskan untuk meningkatkan kinerja keuangan, DATA akan menggelar jaringan di berbagai kota di Indonesia secara efektif dan efisien. 

Salah satunya dengan melakukan modernisasi teknologi Fiber to The Home (FTTH) yang saat ini sudah dimiliki DATA. Agus bilang dengan modernisasi FTTH, DATA dapat meningkatkan efisiensi penggelaran jaringan internet.  

“Dengan modernisasi teknologi FTTH, pelanggan retail saat ini dapat menikmati layanan internet ultra cepat hingga 1 Gbps dari Remala. Tentunya dengan harga yang terjangkau,” jelasnya dalam paparan publik, Selasa (9/9).  

Untuk meningkatkan pendapatan di segmen korporat, kata Agus, DATA memiliki strategi berupa pipeline booster, cross selling dan upselling, reactive client, dan target campaign.

“Strategi segmen retail mencakup percepatan pembangunan FTTH, implementasi program baru penjualan produk perseroan, melakukan implementasi anorganik, dan memberikan layanan terbaik, termasuk purnajual,” kata Agus.

Menurutnya, strategi layanan internet dengan mengelompokkan berdasarkan segmentasinya dinilai efektif mempertahankan pendapatan. Saat ini segmentasi pelanggan DATA  terdiri dari partnership, pemerintahan, retail, dan korporat.

Jika di rinci, segmen partnership dipegang anak usahanya yaitu Fiber Media Indonesia, sementara pemerintahan dan korporat dipegang oleh Tachyon. Segment retail mengusung brand NetHome.

"Komposisi pelanggan saat ini cukup berimbang dan ini sangat menguntungkan kami karena membuat pendapatan DATA semakin solid  Remala tidak tergantung pada salah satu segmen pelanggan saja,” jelas Agus. 

Baca Juga: Wijaya Karya Beton (WTON) Genjot Kinerja Lewat Efisiensi dan Ekspansi

Selanjutnya: Aliansi Ekonom Indonesia Soroti Kebijakan yang Perburuk Kondisi Hidup Masyarakat

Menarik Dibaca: Belum Bosan Reli, Harga Emas Perbarui Rekor Tertinggi Tembus US$ 3.650

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×