kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.491.000   15.000   1,02%
  • USD/IDR 15.835   20,00   0,13%
  • IDX 7.196   61,44   0,86%
  • KOMPAS100 1.106   12,55   1,15%
  • LQ45 877   9,19   1,06%
  • ISSI 220   3,21   1,48%
  • IDX30 449   5,23   1,18%
  • IDXHIDIV20 541   5,82   1,09%
  • IDX80 127   1,64   1,31%
  • IDXV30 135   1,63   1,22%
  • IDXQ30 149   1,31   0,89%

Begini Strategi CLEO Kejar Kenaikan Kinerja Bisnis Dua Digit pada 2024


Minggu, 28 Januari 2024 / 20:58 WIB
Begini Strategi CLEO Kejar Kenaikan Kinerja Bisnis Dua Digit pada 2024
ILUSTRASI. PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) lakukan sejumlah strategi agar bisa mencapai pertumbuhan kinerja naik hingga dua digit pada tahun 2024


Reporter: Nadya Zahira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) melakukan sejumlah strategi agar bisa mencapai  pertumbuhan kinerja CLEO naik hingga dua digit pada tahun 2024 ini. 

Strategi tersebut di antaranya yaitu, dengan melakukan ekspansi penambahan jaringan distribusi serta perluasan pabrik dengan membangun pabrik baru.

Direktur Utama CLEO Melisa Patricia Tanoko mengungkapkan, akan membangun tiga pabrik air minum baru di Palu, Pontianak, dan Pekanbaru untuk memperkuat kinerjanya di tahun 2024. Pembangunan pabrik ini disertai dengan penambahan armada dan cabang-cabang distribusi.

Melisa menjelaskan, pembangunan pabrik baru dilakukan pada tahun ini lantaran berkaca pada 2023, di mana kinerja CLEO di tahun lalu sangat meningkat dan positif berkat adanya realisasi rencana ekspansi dengan penambahan tiga pabrik baru di Lampung, Manado, dan Palembang. 

Baca Juga: Bangun 3 Pabrik, Sariguna Primatirta (CLEO) Proyeksi Pendapatan Naik Double Digit

Selain itu, pabrik di Balikpapan dekat dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) juga telah berhasil beroperasi. Adapun langkah strategis lain yang CLEO ambil adalah akuisisi perusahaan distribusi PT Sentralsari Primasentosa (SPS). 

“Kolaborasi ini memungkinkan kami untuk terus melakukan sinergi dengan bisnis utama produksi air, dengan fokus mengoptimalkan distribusi produk kami,” ujar Melisa kepada Kontan.co.id, Sabtu (27/1). 

Selain itu, dia menyebutkan bahwa pada kinerja pada September 2023 lalu, penjualan CLEO berhasil mencatat pertumbuhan sebesar 13.6% secara year on year (YoY), di mana meningkat dari Rp 1,01 triliun menjadi Rp 1,16 triliun rupiah. 

Laba bersih juga mengalami kenaikan sebesar 35.7% YoY, atau naik dari Rp 150,9 miliar menjadi Rp 204,8 miliar. 

“Melihat kinerja sampai dengan September 2023 lalu itu, perusahaan yakin kinerja bisa naik dua digit pada 2024 ini,“ kata dia. 

Sementara itu, Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Indonesia Nafan Aji Gusta mengatakan pada tahun ini, kinerja bisnis dan penjualan CLEO akan meningkat. Karena berkaca dari pertumbuhan bisnisnya yang sangat progresif, baik dari sisi top line maupun dari sisi bottom line. 

 

“Apalagi pertumbuhan kinerjanya juga dibantu oleh perekonomian domestik yang sedang meningkat akibat adanya Pemilu di tahun ini,” ujar Nafan kepada Kontan.co.id, Jumat (26/1). 

Nafan mengatakan, bahwa kinerja fundamental CLEO setiap tahunnya sudah menunjukkan performa yang intensif. 

Ditambah CLEO memiliki rencana ekspansi bisnis dengan membangun pabrik baru, sehingga akan meningkatkan kinerja CLEO untuk terus memperkuat penjualannya, karena ini juga bisa memicu peningkatan revenue atau pendapatan dari perseroan itu sendiri.

“Memang sebenarnya kita akui bahwa bisnis air mineral di Tabah Air memang dalam keadaan oversupply, maka dari itu harganya juga sangat relatif terjangkau bagi masyarakat,” kata dia. 

Nafan pun merekomendasikan hold untuk saham CLEO, dengan target harga Rp 680 per saham. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective [Intensive Boothcamp] Financial Statement Analysis

[X]
×