kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini Rencana Penggunaan Dana IPO Bintang Samudera Mandiri (BSML)


Kamis, 16 Desember 2021 / 13:09 WIB
Begini Rencana Penggunaan Dana IPO Bintang Samudera Mandiri (BSML)
ILUSTRASI. Pencatatan perdana saham PT Bintang Samudera Mandiri Lines Tbk (BSML) di Bursa Efek Indonesia.


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan jasa angkutan moda laut dalam negeri PT Bintang Samudera Mandiri Lines Tbk (BSML) bersiap-siap memacu kinerja usai hajatan IPO.

Bintang Samudera telah menawarkan sebanyak 370.045.000 lembar saham atau sebesar 20% dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh, dengan harga Rp 117 per lembar saham. Dengan demikian dana yang terkumpul dari penawaran umum ini adalah senilai Rp 43 miliar.

Direktur Utama PT Bintang Samudera Mandiri Lines, David Desanan Winowood memaparkan, BSML akan menggunakan sekitar 74,62% dana hasil IPO untuk modal kerja, yaitu untuk carter kapal, angkutan laut dan jasa agency, serta kegiatan operasional perseroan lainnya.

Selanjutnya sekitar 12,69% atau paling banyak Rp 5 miliar akan disalurkan melalui skema pinjaman kepada entitas anak yaitu PT Bintang Samudera Mandiri Persada. 

Pinjaman paling banyak sebesar Rp 5 miliar tersebut akan dipergunakan oleh PT Bintang Samudera Mandiri Persada untuk modal kerja dalam menjalankan kegiatan usaha di bidang perdagangan besar atas dasar balas jasa atau kontrak.

Baca Juga: Resmi Melantai di Bursa, Saham Bintang Samudera (BSML) Melesat 11,11%

Ketiga, perusahaan ini juga akan menggunakan sekitar 12,69% untuk pembayaran sebagian utang bank.

Sejauh ini, Bintang Samudera Mandiri Lines melayani rute pelayaran dan pengangkutan barang antar pelabuhan baik secara tetap dan teratur maupun pelayaran yang tidak tetap dan tidak teratur.

Kegiatan usaha BSML sebagai perusahaan jasa angkut moda laut meliputi jasa pengangkutan barang khusus seperti barang tambang, barang konstruksi, alat berat, barang-barang pertanian, layanan pelayaran seperti persewaan kapal, jasa floating storage kargo, transhipment, hingga jasa layanan pengurusan dokumen pelayaran dan kapal.

Dengan struktur permodalan yang kuat yang didukung oleh publik, sambung David, PT Bintang Samudera Mandiri Lines Tbk siap menjadi salah satu moda transportasi laut yang dapat diandalkan di Indonesia.

David juga menambahkan begitu banyak peluang dan potensi bisnis yang lebih besar ke depannya pada kegiatan industri BSML sebagai jasa angkutan layanan moda laut di Indonesia.

Baca Juga: Akan IPO, Bintang Samudera Mandiri Lines menawarkan 370,04 juta saham

“Sektor-sektor industri di Indonesia menunjukkan pertumbuhan dan potensi bisnis yang positif, dan sebagai perusahaan jasa angkutan laut, BSML akan menjadi mitra yang dapat diandalkan untuk memberikan layanan pengangkutan jasa barang hasil-hasil industri di berbagai pulau di Indonesia,” paparnya, Kamis (16/12).

David bilang, PT Bintang Samudera Mandiri Lines Tbk terus berupaya mengembangkan kinerja usaha guna meningkatkan performa perusahaan. Ke depannya hal itu diharapkan akan dapat tercapai dengan tetap menjaga kualitas layanan kepada pelanggan, keselamatan pelayaran saat beroperasi, ketepatan waktu serta pelayanan purna jual yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×