kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,82   1,25   0.16%
  • EMAS1.008.000 0,10%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.10%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bakal turun sesaat, investor perlu bersiap untuk kembali lirik emas Antam


Kamis, 24 September 2020 / 20:11 WIB
Bakal turun sesaat, investor perlu bersiap untuk kembali lirik emas Antam
ILUSTRASI. Karyawan memperlihatkan emas logam mulia di Galeri 24 Jakarta, Jumat (4/9). Harga emas 24 karat Antam keluaran Logam Mulia PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) turun Rp 3.000 per gram pada Jumat (4/9). harga pecahan 1 gram emas Antam pada Jumat (4/9) berada di Rp

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Harga emas milik PT Aneka Tambang (ANTAM) sedang bergerak turun, investor disarankan mulai bersiap melakukan aksi beli di harga terendah.

Mengutip laman logam mulia, harga emas Antam hari ini (24/9) tercatat turun Rp 5.000 per gram ke level Rp 1.002.000 per gram.

Bussines Manager Indosukses Futures Suluh Adil Wicaksono mengatakan, saat ini harga emas spot sedang berada di bawah US$ 1.900 per ons troi, di sisi lain nilai tukar rupiah melemah dan sempat menyentuh level Rp 14.900 per dollar AS pada perdagangan Kamis (24/9).

"Faktor pengali emas spot dan rupiah jadi tetap mahal dan menahan emas Antam masih di atas level Rp 1 juta per gram," kata Suluh kepada Kontan, Kamis (24/9).

Baca Juga: Aneka Tambang (ANTM) siap mengeduk tambang emas Freeport

Ke depan, Suluh melihat masih ada ruang bagi harga emas antam turun di bawah Rp 1 juta per gram, namun diperkirakan tidak terlalu jauh. Hal tersebut didukung beberapa sentimen yang berpotensi mendorong harga kembali naik.

Harga emas spot diyakini masih bisa kembali bergerak di atas US$ 1.900 per ons troi ke depan. Potensi tersebut bergantung pada perkembangan kasus Covid-19 secara global dan temuan vaksin.

Disamping itu, pergerakan dollar AS cenderung menguat setelah data-data ekonomi AS dirilis membaik. Apalagi, malam nanti juga dirilis data pengangguran mingguan di Negeri Paman Sam tersebut.

"Sentimen itu tentunya akan mempengaruhi dollar AS dan berimbas ke emas spot dan nilai tukar rupiah. Dengan begitu, tentunya harga emas Antam juga akan bergerak," ungkapnya.

Baca Juga: Harga emas Antam di Pegadaian hari ini Rp 1.058.000 per gram (24 September 2020)

Adapun dari sentimen domestik, terkait pelemahan mata uang Garuda dan outlook pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan defisit di kuartal III-2020, dinilai Suluh mampu menjadi jadi sentimen tambahan untuk harga emas Antam ke depan.

"Jadi, menarik untuk (prospek) emas spot dan emas fisik ke depannya, Emas Antam bisa buy on low untuk pecahan 5 gram-10 gram saat berada di bawah Rp 1 juta," tandasnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×