kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bakal IPO, perusahaan baja Gunung Raja Paksi akan terbitkan 1,24 miliar saham


Kamis, 29 Agustus 2019 / 16:31 WIB
Bakal IPO, perusahaan baja Gunung Raja Paksi akan terbitkan 1,24 miliar saham
ILUSTRASI. Pabrik baja PT Gunung Raja Paksi


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen lembaran baja terkemuka akan melantai di bursa yakni PT Gunung Raja Paksi Tbk. Hari ini Raja Paksi sudah mengumumkan bakal menerbitkan sebanyak-banyaknya 1,24 miliar saham dengan nilai nominal Rp 500 per sahamnya pada pertengahan September mendatang.

Bersamaan dengan penawaran perdana saham atau Initial Public Offering (IPO), Raja Paksi akan menerbitkan saham baru dalam rangka pelaksanaan Obligasi Wajib Konversi (OWK) yang akan jatuh tempo pada 30 September 2019 mendatang.

Melansir dari prospektus Raja Paksi yang dirilis pada Rabu (29/8) PT Gunung Garuda yang juga di bawah Gunung Steel Group memiliki tagihan kepada Raja Paksi atas sisa kewajiban yang belum dilunasi dengan jumlah Rp 1,41 triliun. 

Pada aksi korporasinya ini, Raja Paksi juga bakal menerbitkan OWK kepada PT Gunung Garuda sesuai jumlah pinjaman yang diterima.

Baca Juga: Gunung Raja Paksi Berencana IPO di September 2019

Oleh karena itu Raja Paksi akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 1,68 miliar saham konversi OWK atau setara dengan Rp 1,41 triliun.

Dengan dilaksanakannya konversi OWK bersamaan dengan terjualnya seluruh saham yang ditawarkan dalam IPO nanti, persentase kepemilikan saham publik Raja Paksi sebesar 10,21% dari modal yang telah ditempatkan dan disetor penuh.

Perusahaan yang bergerak di industri baja ini menggandeng Kresna Sekuritas dan UOB Kay Hian Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

Rencana penggunaan dana hasil IPO setelah dikurangi biaya emisi akan digunakan 99,52% untuk melunasi utang pembelian aset tetap dan biaya operasinya. Adapun sisanya sebesar 0,48% digunakan untuk modal kerja.

Sebagai tambahan informasi, Gunung Raja Paksi adalah perusahaan yang bergerak dalam industri besi dan baja dasar terintegrasi yang memproduksi upstream product seperti baja gulungan, canai panas, dan lainya. Serta downstream product seperti pipa, baja gulungan dan lainnya dengan total produk lebih dari 30 jenis. 

Kapasitas produksi gabungan mencapai 2,8 juta ton per tahun dihasilkan dari produk lembaran baja panas dalam skala luas.

Baca Juga: Setelah maju mundur, Gunung Raja Paksi akan melantai di bursa September ini

Selain di produksi baja, Gunung Raja Paksi juga masuk dalam perdagangan bijih logam dan barang logam untuk konstruksi. Dalam kegiatan usahanya ini, Raja Paksi juga memiliki bisnis pendukung yakni industri semen, beton siap pakai, konstruksi berat siap pasang dari baja, pergudangan, hingga real estate yang dimiliki sendiri atau disewa. 




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×