kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Astrindo Nusantara Infrastuktur (BIPI) Akuisisi Tambang Batubara, Begini Targetnya


Selasa, 02 Agustus 2022 / 16:02 WIB
Astrindo Nusantara Infrastuktur (BIPI) Akuisisi Tambang Batubara, Begini Targetnya
ILUSTRASI. Suasana kantor PT Astrindo Nusantara Infrastruktur Tbk di Jakarta, Kamis (31/10). KONTAN/Baihaki/31/10/2019


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astrindo Nusantara Infrastuktur Tbk (BIPI), akuisisi PTT Mining Ltd Hongkong (PPTML). Dalam aksi korporasi tersebut, BIPI menggelontorkan dana sebesar US$ 471 juta.

Adapun saat ini, PTT Mining LTD memiliki beberapa konsesi tambang batu bara, antara lain di Brunei Darussalam, Madagaskar dan tiga tambang batubara di Kalimantan, Indonesia.

Direktur Utama BIPI Ray Anthony Gerungan mengatakan bahwa akuisisi PTTML memiliki peluang yang sangat baik melihat harga batu bara saat ini. "Namun, niat kami membeli tambang batu bara dimulai jauh sebelum lonjakan harga baru-baru ini," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (2/8).

Menurutnya, volatilitas harga batubara tidak ada hubungannya dengan strategi jangka panjang Astrindo yang akan lebih fokus untuk menciptakan platform infrastruktur yang efisien dan terbaik di kelasnya dalam mengurangi emisi karbon dari transportasi dan logistik. Pihaknya berharap dapat memperluas platform ini menuju industri netral karbon.

"Operasi tambang batu bara terintegrasi, mulai dari pertambangan hingga infrastruktur pelabuhan batubara yang efisien membantu kami mewujudkan rencana masa depan kami," katanya.

Baca Juga: Thai PTT Sells Coal Business to Indonesia's Astrindo for $471 mln

Pihaknya juga meilai dampak langsung dari akuisisi PPTML ke Astrindo sangat besar. Kinerja keuangan di tahun 2022 akan menunjukan peningkatan yang tajam seiring dengan kenaikan harga batubara.

Selanjutnya, Astrindo telah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kinerja keuangan dan operasional di tahun ini. Antara lain dengan terus meningkatkan keunggulan kompetitif dan membuka peluang pengembangan dalam lingkup sektor infrastruktur energi terintegrasi.

Astrindo saat ini sedang mempertimbangkan penawaran dari lembaga keuangan dan investasi terpercaya, sehingga tambang batubara dimaksud pada akhirnya dapat beroperasi dengan basis netral karbon.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×