kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Astra Otoparts (AUTO) optimistis kinerja akan tumbuh positif pada 2022


Senin, 13 Desember 2021 / 13:00 WIB
Astra Otoparts (AUTO) optimistis kinerja akan tumbuh positif pada 2022
ILUSTRASI. Layanan pesan antar Shop & Drive?dari PT Astra Otoparts Tbk (AUTO)


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perindustrian mencatat rata-rata utilisasi industri komponen otomotif telah mencapai 70% pada September 2021, kenaikan ini didorong relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Selain itu, dari sisi pertumbuhan industrinya juga naik 44% yoy.

PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) sebagai salah satu emiten komponen otomotif juga mencatat utilisasi cukup tinggi. 

Direktur Astra Otoparts Wanny Wijaya mengatakan, grup Astra Otoparts memiliki utilisasi yang bervariasi pada kuartal III-2021, dimana rata-rata utilisasi di kisaran 80%-90%.

Ia menjelaskan melihat siklus yang sudah ada, pada awal tahun permintaan original equipment manufacturer (OEM) cenderung rendah, kemudian meningkat menjelang lebaran. 

“Lalu biasanya menurun lagi dalam beberapa bulan setelahnya, namun untuk mengimbangi hal tersebut, pada akhir tahun biasanya OEM mengejar target,” ujarnya belum lama ini.

Baca Juga: Tersengat sentimen positif, saham-saham otomotif mulai menggeliat

Pada tahun depan, Wanny bilang, AUTO menghadapi beberapa isu, di antaranya kebijakan PPnBM yang tidak diperpanjang lagi oleh pemerintah, kenaikan PPN, dan tax karbon. Meski demikian, AUTO optimistis pada tahun depan berada dalam tahap pemulihan setelah tekanan pandemi.

Selain itu, sebagian pelaku industri juga optimistis tren 2022 ke depan akan positif. Setelah pandemi Covid-19 semua orang menghadapi euphoria untuk melakukan aktivitas yang sebelumnya tidak dapat dilakukan. 

Oleh karena itu, AUTO optimistis tahun depan akan positif dan bertumbuh dari tahun 2021.

Sayangnya Wanny tidak menyebutkan target pertumbuhan kinerja pada tahun depan. 

Yang pasti, untuk mencapai pertumbuhan kinerja tahun 2022, AUTO tetap mengimplementasikan strategi yang berfokus pada operational excellence dalam mencapai cost leadership dan efisiensi melalui mengoptimalkan portofolio produk, improvement terhadap process, dan automasi serta meleverage trading business.

 

“Kami juga melakukan percepatan digitalisasi baik di sisi trading maupun manufacturing,” tambahnya.

Di bisnis trading perseroan, Hanna bilang, AUTO melakukan optimalisasi dengan platform digital yang dimiliki yaitu www.astraotoshop.com. Hal itu dilakukan untuk menjangkau customer B2B maupun B2C dalam skup yang lebih luas lagi.

Selanjutnya, AUTO juga berupaya untuk terus meningkatkan kualitas layanan baik pada outlet retail dan juga di bisnis baru yaitu Astra Otoservice. 

Dari sisi manufacturing, AUTO akan lebih mengoptimalkan industry 4.0 untuk mencapai smart factory sehingga proses produksi yang berjalan akan lebih efektif dan efisien.

“Kami juga akan terus melakukan inovasi seperti yang telah kami mulai sejak tahun 2020, dengan memproduksi non automotive product,” kata Wanny.

Adapun untuk target penjualan tentunya akan mengacu ke target dari asosiasi, dimana pada tahun 2022 nanti, kendaraan roda empat diperkirakan di angka 940.000 unit dan kendaraan roda dua ditargetkan 5,6 juta unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×