kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.307.000   8.000   0,35%
  • USD/IDR 16.680   -27,00   -0,16%
  • IDX 8.391   -3,35   -0,04%
  • KOMPAS100 1.160   -7,83   -0,67%
  • LQ45 845   -8,63   -1,01%
  • ISSI 290   -0,83   -0,29%
  • IDX30 444   -0,53   -0,12%
  • IDXHIDIV20 511   -2,43   -0,47%
  • IDX80 131   -0,99   -0,75%
  • IDXV30 138   -0,38   -0,28%
  • IDXQ30 140   -0,92   -0,65%

Aspirasi Hidup Indonesia (ACES) Realisasikan Capex Rp 132 Miliar per Kuartal III-2025


Senin, 10 November 2025 / 14:41 WIB
Aspirasi Hidup Indonesia (ACES) Realisasikan Capex Rp 132 Miliar per Kuartal III-2025
ILUSTRASI. Gerai peralatan dan perlengkapan rumah tangga Azko. Aspirasi Hidup Indonesia (ACES) melaporkan realisasi penggunaan belanja modal sebesar Rp 132 miliar per kuartal III-2025


Reporter: Rashif Usman | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES) melaporkan realisasi penggunaan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp 132 miliar per kuartal III-2025, dari total alokasi capex pada tahun 2025 sebesar Rp 250 hingga Rp 300 miliar. 

Dus, ACES baru menyerap sekitar 44% sampai 52% anggaran capex di tahun 2025.

Head of Corporate Communications & Sustainability ACES, Melinda Pudjo, menjelaskan bahwa realisasi belanja modal hingga kuartal III-2025, beserta alokasi yang akan digunakan hingga akhir tahun, sepenuhnya dibiayai dari dana internal perusahaan.

"Penggunaan capex difokuskan untuk mendukung inisiatif strategis, termasuk pembukaan toko-toko baru yang sebagian besar dijadwalkan pada paruh kedua tahun ini, serta pembaruan konsep pada toko-toko eksisting," kata Melinda kepada Kontan, Kamis (6/11) lalu.

Baca Juga: Astra International (ASII) Serap Capex Rp 12,7 Triliun per Kuartal III-2025

Berdasarkan laporan keuangan per 30 September 2025, penjualan bersih emiten ritel perlengkapan rumah tangga ini naik tipis 1,69% year on year (yoy) menjadi Rp 6,33 triliun dari sebelumnya Rp 6,22 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Secara rinci, penjualan bersih dari segmen produk perbaikan rumah tercatat Rp 3,29 triliun naik dari Rp 3,21 triliun, produk gaya hidup Rp 2,75 triliun meningkat dari Rp 1,8 triliun dan produk permainan Rp 279,18 miliar naik Rp 282,01 miliar.

Kenaikan penjualan tersebut belum mampu mendorong pertumbuhan laba. Tercatat, laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk alias laba bersih turun 16,21% yoy menjadi Rp 481,09 miliar, dibandingkan Rp 574,22 miliar pada sembilan bulan pertama tahun 2024.

Dari sisi profitabilitas, laba kotor ACES tercatat sebesar Rp 3,03 triliun, hampir tidak berubah dibandingkan Rp 3,02 triliun setahun sebelumnya. Namun, beban usaha meningkat menjadi Rp 2,59 triliun, naik dari Rp 2,36 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Imbasnya, laba usaha ACES menyusut menjadi Rp 637,46 miliar dari sebelumnya Rp 748,11 miliar. Tak hanya itu, beban keuangan juga meningkat signifikan menjadi Rp 54,85 miliar dari Rp 32,77 miliar pada tahun lalu.

Setelah memperhitungkan beban pajak penghasilan bersih sebesar Rp 101,08 miliar, ACES membukukan laba periode berjalan sebesar Rp 476,74 miliar, turun dari Rp 567,81 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Baca Juga: Harga Saham CBRE Terkoreksi di Tengah Pengumuman Rencana Right Issue

Selanjutnya: Bersiap! Emisi Motor dan Snack Bernatrium Masuk Kajian Cukai Baru

Menarik Dibaca: Kenalan dengan Malware Android Herodotus, Bisa Menguras Saldo di Rekening Bank

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Pre-IPO : Explained

[X]
×