Reporter: Narita Indrastiti | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. PT Astra International Tbk (ASII) telah menjual 654.558 unit mobil sepanjang tahun 2013 lalu. Penjualan tersebut menanjak sebesar 8,15% jika dibandingkan realisasi penjualan mobil tahun 2012 sebanyak 605.191 unit.
Namun begitu, penjualan mobil dari ASII lebih lambat dari pertumbuhan penjualan mobil industri otomotif nasional. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, data penjualan mobil nasional tumbuh 10,18% tahun 2013 menjadi 1,229 juta unit.
Namun begitu, ASII masih merajai pangsa pasar penjualan mobil sebesar 53%. Penjualan mobil ASII didorong oleh penjualan Toyota yang terjual 434.854 unit. Penjualan Toyota tumbuh 7,1%. Sementara penjualan dari Daihatsu mencapai 185.942 unit, naik dari tahun lalu yang sebanyak 162.742 unit.
Kedua merek ini menjadi pendorong terbesar penjualan mobil ASII. Penjualan mobil lainnya disumbang dari merek Isuzu, UD Trucks, dan Peugeot. ASII juga terbantu dari penjualan mobil murah ramah lingkungan (LCGC).
Perseroan juga berhasil menggaet pangsa pasar yang lebih besar di segmen roda dua. Penjualan sepeda motor dari merek Honda mencapai 4,69 juta unit atau naik 14,8% secara year on year. ASII menguasai pangsa pasar motor sebesar 61% pada tahun 2013 lalu. Pencapaian ini meningkat dari market share tahun 2012 yang masih 58%.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News